Selasa, 19 Februari 2013

Tan Malaka dan Dua Lakon Lain (Goenawan Mohamad)


Judul   : Tan Malaka dan Dua Lakon Lain
Penulis : Goenawan Mohamad
Penerbit: KataKita, Jakarta
Tahun  : Oktober, 2009
Isi        : 128 hlm
ISBN   : 978-979-3778-56-3

Harga  : 30.000


Buku Tan Malaka dan Dua Lakon Lain ini berisi tiga lakon yang berbeda-beda. Teks “Tan Malaka”, sebagaimana diakui oleh Goenawan Mohamad, ditulis dengan mengacu pada kemungkinannya untuk dibentuk dalam kur, aria, multimedia, dan posisi di pentas.

Lakon kedua, Surti dan Tiga Sawunggaling, adalah monolog untuk aktor perempuan. Naskah ini mulanya ditulis untuk Teater Garasi, Yogyakarta, namun rencana tersebut belum terlaksana. Terakhir, lakon berjudul “Visa.” Naskah ini telah diterjemahkan dan diadaptasi ke dalam bahasa Jawa dan dipentaskan Teater Lungid di Solo, Jakarta, dan Surabaya. Tapi, versi yang di buku ini belum dipentaskan sama sekali.

...............................

"Aku tak diciptakan dari puisi. Aku jauh lebih sederhana. Yang dekat, yang diketahui, itulah yang menakjubkan aku: Serangga yang bekerja, semut yang kukuh karena organisasi, sayap dan kaki krempeng yang berproduksi, lebah yang sehari-hari menyusun tugas—merekalah yang aku ketahui. Aku tidak takjub kepada anak panah yang berubah jadi naga. Yang ingin kukatakan ialah: matahari telah membunuh mistik."
(Dari “Tan Malaka”)

“Dari ketinggian 500 meter aku lihat suamimu. Ia menyeberangi titian itu. Melihat dia, hantu perempuan menutup wajahnya yang menakutkan. Dengan daun-daun. Aku bertanya kenapa ia berbuat begitu. Ia menjawab, “Karena orang itu akan mati sebelum haru Sabtu.”
(Dari “Surti dan Tiga Sawunggaling”)

“Detroit itu sebuah boulevard panjang yang kosong. Toko-toko besar yang ditinggalkan. Bar-bar yang mati. Gedung opera yang tak didatangi orang. Saya berjalan di sana, saya teringat kota Gotham. Tahu kota Gotham? Kta dalam komik Batman: kota dengan gedung-gedung tinggi yang seakan-akan tak berpenghuni, tapi di mana dua kekuatan dahsyat bertarung.”
(Dari “Visa”)


Untuk pemesanan buku ini, silahkan sms ke 081802717528. Untuk pemesanan buku-buku yang lain silahkan lihat di JUAL BUKU SASTRA BNI UGM 0117443522 a.n. Indrian Toni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets