Rabu, 27 Februari 2013

Menanti Sekarini (Kumpulan Cerpen Vivi Diani Savitri)


Judul: Menanti Sekarini
Penulis: Vivi Diani Savitri
Penerbit: Penerbit Koekoesan, Jakarta
Tahun: 2009
Isi:  117 hlm
ISBN: 979-1442-25-8

Harga: 26.000

Menanti Sekarini karya Vivi Diani Savitri ini merangkum 15 cerpen Vivi—sapaan pengarang—yang juga mantan none Jakarta Selatan. Cerpen-cerpen dalam buku ini sarat dengan kisah-kisah pembelaan diri para perempuan modern dalam mengupayakan rasa keadilan yang sangat subyektif.

Ragam persoalan perempuan dalam cerpen-cerpen Vivi Diani Savitri ini, misalnya, tentang kecemburuan, harga diri, cinta, pengorbanan bagi orang-orang tersayang, dan sebagainya. Ironisnya, upaya-upaya yang dilakukan oleh para perempuan tersebut “dimanfaatkan” oleh orang-orang yang hendak mengeksploitasi mereka. Dengan atau tanpa sadar, para perempuan ini hidup dalam jebakan-jebakan berbahaya dimana tak jarang mereka sendiri juga punya andil dalam mengonstruksinya.

-----------

Selain soal artistik, sebuah prosa bagus sekali bila ia jujur dengan dirinya sendiri. Dengan efektifitas bahasa, plot yang gamblang, dan diksi yang dekat dengan pembaca, Vivi Diani Savitri menyusuri dunia masyarkat urban dengan kepolosan dan kejujuran. Dengan hal terakhir itu saja, kejutan bisa kita dapatkan.
(Radhar Panca Dahana, sastrawan, kritikus seni)

Cerpen, antara lain, didukung oleh dua unsur yang tidak terpisahkan, yaitu isi dan gagasan, atau pemikiran di satu pihak, dan di pihak lain cara mengungkapka isi, gagasan, atau pemikiran itu. Mana yang lebih dipentingkan, dengan sendirinya terserah pada pengarangnya. Dalam “Menanti Sekarini” tampaknya Vivi Diani Savitri lebih menitik-beratkan cara pengungkapan, tentunya dengan tujuan tertentu, yaitu agar pembaca lebih terkesan oleh suasana dalam cerita, bukan oleh ceritanya sendiri. Karena itulah, tampaknya Vivi lebih memilih bahasa puitis, bukan bahasa yang lugas.
(Budi Darma, sastrawan, profesor ilmu sastra)


Untuk pemesanan buku ini, silahkan sms ke 081802717528. Untuk pemesanan buku-buku yang lain silahkan lihat di JUAL BUKU SASTRA  - Pembayaran: BNI UGM 0117443522 a.n. Indrian Toni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets