Minggu, 17 Februari 2013

Pada Lingkar Putingmu (Kumpulan Puisi Wayan Sunarta)

Judul   : Pada Lingkar Putingmu
Penulis : Wayan Sunarta
Penerbit: Bukupop, Jakarta
Tahun  : 2005
Isi        : vi+53 hlm
ISBN   : 979-99370-6-X

Harga  : 15.000
Antologi puisi Pada Lingkar Putingmu ini berisi lima puluh tiga puisi karya Wayan Sunarta. Nama penyair asal Denpasar yang juga kerap disapa “Jengki” ini sudah cukup banyak melintang di dunia sastra Indonesia. Selain menulis puisi, dia juga menulis prosa liris, cerpen, feature, esai, dan ulasan seni rupa.

Dalam kumpulan puisi Pada Lingkar Putingmu, Wayan Sunarta banyak menggunakan ungkapan-ungkapan yang lekat dengan perempuan sebagai bangunan sajaknya. Seperti judu buku ini, puting adalah salah satu organ yang lekat dalam tubuh manusia maupun hewan. Tapi dalam konteks perempuan (juga pada hewan mamalia), puting adalah penyambung kehidupan sang anak. Ketika si jabang bayi lahir, tidak ada asupan makanan selain air susu ibu, dan ASI secara alamiah hanya bisa dicecap oleh bayi melalui puting ibunya.

Secara keseluruhan, beberapa sajak Wayan Sunarta dalam buku ini mungkin tidak dimaksudkan untuk memuja sosok perempuan sebagai pasangan kawin saja. Perempuan, yang sudah bergelar ibu bagi anak-anaknya, adalah sosok yang “sakral.” Dari rahim seorang ibu, generasi lahir turun temurun. Dari kasih sayang seorang ibu, anak-anak akan tumbuh besar secara “normal.”


Untuk pemesanan buku ini, silahkan sms ke 081802717528. Untuk pemesanan buku-buku yang lain silahkan lihat di JUAL BUKU SASTRA BNI UGM 0117443522 a.n. Indrian Toni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets