Sabtu, 09 Februari 2013

Cinta Gugat, Kitab Antologi Puisi Jilid 2 (Hardcover)



Judul : Cinta Gugat, Kitab Antologi Puisi Jilid 2 (Hardcover)
Penulis : A. Slamet Widodo, Acep Zamzam Noor, Sutardji Calzoum Bachri, dkk.
Penerbit: PaSaR malaM Production, Jakarta
Tahun : Januari, 2013
Isi : vi+190 hlm
ISBN : 978-602-19207-3-2

Harga : 40.000


Zabidi Zay Lawanglangit, salah seorang tim penyunting sekaligus penyair dalam Cinta Gugat ini, menulis dalam sekapur sirihnya “kehidupan manusia saat ini makin diwarnai dengan aksi kekerasan.” Kekerasan yang dimaksud tentu bukan sekadar dalam batasan fisik, melainkan kekerasan yang maknanya lebih luas. Coba tengok puisi Acep Zamzam Noor, baris 9, “Kelaparan. Kesepian di mana-mana” (Di Tubuh-Tubuh Tak Kukenal, hlm. 15).

Lebih dari itu, para penyair dalam antologi ini menyikapi fenomena krisis multidimensional dengan mengambil inspirasi dari filosofi Punakawan Togog. “Puna” atau “pana” dalam terminologi Jawa artinya memahami, terang, jelas, cermat, mengerti, dan cerdik. Sedang “kawan” berarti pamong atau teman. Namun Togog, sebagai salah satu karakter dalam jagad pakeliran wayang purwa, berbeda dengan punakawan lainnya. Togog ditakdirkan sebagai pendamping bagi penguasa lalim, congkak, keras kepala, dan antidemokrasi. Oleh karena posisi dan perannya itu, sudah risiko bagi Togog jika suara-suara bijak dan pesan moralnya nyaris tak pernah didengar. Fenomena-fenomena itu membidani lahirnya Cinta Gugat ini, yang juga digunakan untuk membaca perkembangan lima tahun perjalanan PaSaR malaM (Paguyuban Sastra Rabu Malam).

Cinta Gugat adalah Kitab Antologi Puisi Jilid 2, diterbitkan oleh PaSaR malaM Production atau juga dikenal dengan komunitas Sastra Reboan. Antologi puisi ini merangkum lebih dari 100 penyair dari berbagai daerah, golongan usia, latar belakang profesi, maupun jam terbang. Setiap penyair menyuguhkan karya-karya dengan ragam tema dan gaya yang berbeda satu sama lain. Nama-nama yang sudah tak asing dalam jagad sastra Indonesia, khususnya puisi, seperti Sutadji Calzoum Bachri, Acep Zamzam Noor, Saut Situmorang, Soni Farid Maulana, M. Aan Mansyur, Elis Tating Bardiah, Rukmi Wisnu Wardani, Fina Sato, dan masih banyak lagi lainnya, turut ambil bagian.

Antologi Cinta Gugat ini disunting oleh Zabidi Zay Lawanglangit, Khudori Husnan, dan Dedy Tri Riyadi.


Untuk pemesanan buku ini, silahkan sms ke 081802717528. Untuk pemesanan buku-buku yang lain silahkan lihat di JUAL BUKU SASTRA BNI UGM 0117443522 a.n. Indrian Toni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets