Minggu, 17 Februari 2013

Malam Cinta (Kumpulan Puisi Wayan Sunarta)


Judul : Malam Cinta
Penulis : Wayan Sunarta
Penerbit: Bukupop, Jakarta
Tahun : 2007
Isi : xii+104 hlm
ISBN : 978-979-1012-22-5

Harga : 20.000
Puisi dan kehidupan adalah sebuah teks. Keduanya berkelindan dalam kepala setiap pembaca yang melahirkan beragam tafsir, sesuai dengan ketelitian dan kekuatan pembaca. Tidak ada tafsir tunggal. Setiap pembaca sah menafsirkan teks, puisi atau kehidupan. Dan dengan keyakinan itu pula ia menjalani apa yang diyakininya.

Buku kumpulan puisi Wayan Sunarta berjudul Malam Cinta ini berisi seratus empat puisi. Penyair mencoba berinteraksi dengan alam, masyarakat, cinta, harapan, dan persoalan-persoalan lain. Hal itu seperti diungkapkan oleh Wayan Sunarta dalam pengantarnya, ketika penyair menyusun kata-kata menjadi puisi, pada prinsipnya ia sedang menenun dunia dan kehidupan untuk dirinya sendiri dan khalayak pembaca.

Tapi, lebih dari itu, pembaca dapat menelisik keterasingan penyair dalam antologi ini. Sebagai contoh, simak salah satu puisinya, Di Canggu Aku Menunggumu:

di pantai canggu
aku menunggu senja menjelma
pada kepak sayap camar
pada sirip lumba-lumba
pada desau bunga pandan
namun, mungkin hanya pada laut kelabu
aku mengadu rinduku padamu
pun sepiku yang hina

....

dari bumi kau bermula
ke pangkuan bumi kau kembali
kau suci, kau abadi
aku nista, aku fana

(Di Canggu Aku Menunggumu, hlm. 54-55)

Wayan Sunarta yang lahir di Denpasar, 22 Juni 1975, pernah meraih penghargaan Krakatau Award 2002 dari Dewan Kesenian Lampung. Antologi Malam Cinta ini adalah kumpulan puisi tunggalnya yang kedua.



Untuk pemesanan buku ini, silahkan sms ke 081802717528. Untuk pemesanan buku-buku yang lain silahkan lihat di JUAL BUKU SASTRA BNI UGM 0117443522 a.n. Indrian Toni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets