Selasa, 19 Februari 2013

Rumah Kawin (Kumpulan Cerpen Zen Hae)


Judul   : Rumah Kawin
Penulis : Zen Hae
Penerbit: KataKita, Jakarta
Tahun  : 2004
Isi        : 153 hlm
ISBN   : 979-98302-5-7

Harga  : 20.000

Kumpulan cerpen Rumah Kawin karya Zen Hae ini berisi sembilan cerpen dan pernah dimuat di beberapa media cetak, antara lain: Kalam, Horison, Kompas, Koran Tempo, dan Republika. Cerpen-cerpen dalam buku ini menjadi menarik karena pengarangnya berhasil meramu nilai eksistensialisme, persoalan cinta, serta watak-watak hiprokrit ke dalam tema lokal, dalam konteks ini adalah Jakarta yang sangat Betawi.

Cerpen Rumah Kawin—yang jadi judul kumpulan cerpen ini—berkisah tentang kehidupan Mamat Jago, seorang mantan calo tanah yang mempunyai banyak anak buah. Namun, uang yang didapat dari jasa makelar tanah itu banyak dihamburkan untuk berfoya-foya dengan para wayang cokek di rumah kawin. Di usia senjanya, kehormatannya sudah rontok dan hidupnya makin melarat.

Tema yang hampir sama dapat dibaca dalam cerpen Hikayat Petarung Kampung. Bedanya, tokoh jawara dalam cerpen ini melakukan pertobatan di masa tuanya. Ia yang merasa berdosa telah memilih menjadi jawara ketimbang ayah yang baik. (hlm. 150).

------------------------------ 

“Zen Hae termasuk pengarang yang berhasil mendayagunakan kependekan; cerita pendek bukan lagi ringkasan dari risalah panjang, tetapi mikrokosmos dimana kita bisa bermain tangkap-dan-lari dengan tokoh. Pengarang bukan lagi tukang khotbah, tetapi benar-benar menjelma narator. Di situlah watak sadar diri maupun efek penjarakan membuat pembaca sebagai “pencipta kedua” yang ikut memperkaya atau melengkapkan kisah.”
(Nirwan Dewanto)

“Berpijak pada realisme, cerpen-cerpen Zen Hae menawarkan kisah dengan latar penelitian. Penggabungan peristiwa yang seolah-olah fakta dengan gagasan fiksi untuk menyampaikan konflik sosial sekaligus konflik batin, justru memperkuat narasi. Cerpen-cerpen Zen Hae mungkin ditulis melalui dukungan referensi yang kuat dan kemampuan menjalin realitas dengan letup imajinasi.”
(Kurnia Effendi)


Untuk pemesanan buku ini, silahkan sms ke 081802717528. Untuk pemesanan buku-buku yang lain silahkan lihat di JUAL BUKU SASTRA BNI UGM 0117443522 a.n. Indrian Toni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets