Senin, 11 Februari 2013

Penjara Dendam, Kumpulan Cerpen Roney Fithra



Judul : Penjara Dendam, Kumpulan Cerpen
Penulis: Roney Fithra
Penerbit: Pondok Mas Publishing
Tahun: 2012
Isi: viii + 130 hlm
Ukuran: 14 x 20cm
ISBN: 978-602-99907-4-4

Harga: 25.000


Kumpulan cerpen Penjara Dendam karya Roney Fithra ini berisi empat belas cerpen yang sebagian besar terinspirasi oleh ketimpangan sosial serta karut marut politik di ranah pusat maupun daerah. Roney Fithra memanfaatkan momentum BLT sebagai judul cerpen pertamanya, Bantuan Langsung Tunai. Selanjutnya, tiga belas cerpen lainnya masih menyoroti persoalan yang hampir sama. Dalam cerpen Anita, misalnya, meski berkisah tentang perselingkuhan, namun persoalan sosial dan politik masih tak ketinggalan.

Sementara cerpen Penjara Dendam berkisah tentang kehidupan seorang aktivis yang pada mulanya sangat menggebu-gebu melawan ketidakadilan. Namun, pada akhir cerita, justru sang tokoh melakukan “pertobatan”, seperti dalam kutipan berikut:
Aku sadar bahwa tindakanku keliru! Perlu jalan meluruskan. Aku berjanji kembali menjadi warga negara yang baik. Menjalankan hak-kewajiban sebagai individu, menghormati segala kebijakan pemerintah.” (hlm. 40)

Cerpen yang sangat menarik. Lika-liku kehidupan disajikan dalam sebuah cerita yang sederhana. Selain enak untuk dinikmati, ceritanya juga penuh makna. Membaca cerpen ini membuat saya larut dalam alur cerita dan seakan diajak menembus batas-batas imajinasi kehidupan. Gaya penulisan yang jujur dan apa adanya membuat cerpen ini punya ciri khas tersendiri. Ini adalah bukti cerpen ini ditulis oleh penulis muda berbakat. Jadi, wajar jika pertama kali membaca halaman pertama membuat saya kecanduan dan terus membaca semua cerpen hingga halaman paling akhir.

Wahyu Triyogo – Jurnalis Global TV, Jakarta

Roney Fithra, lahir di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur. Sejak lulus dari salah satu SMU di Sampang, dia melanjutkan kuliah di jurusan FKIP Universitas Dr. Soetomo, Surabaya. Selama kuliah, dia juga aktif dalam beberapa kegiatan kemahasiswaan.


Untuk pemesanan buku ini, silahkan sms ke 081802717528. Untuk pemesanan buku-buku yang lain silahkan lihat di JUAL BUKU SASTRA BNI UGM 0117443522 a.n. Indrian Toni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets