Sabtu, 09 Februari 2013

Kinoli, Kumpulan Cerpen Yetti A. KA




Judul : Kinoli
Penulis : Yetti A. Ka
Penerbit: Javakarsa Media, Yogyakarta
Tahun : Juli, 2012
Isi : 136 hlm
ISBN : 978-602-18294-1-7

Harga : 28.000


.....Ini menjadi berbeda jika diberikan pada perempuan yang akan menikah dengan lelaki tidak romantis yang bahkan tidak terbiasa memberi kejutan di hari spesial. Ini bisa mengganggu perasaanku selama berpuluh-puluh tahun. (hlm. 70)

Ada 15 cerpen turut meramaikan kumpulan cerpen berjudul “Kinoli” karya Yetti A. Ka. Kinoli adalah kumpulan cerpen yang hadir setelah tiga buku sebelumnya, NUMI (Logung Pustaka, 2004), Musim yang Menggugurkan Daun (Penerbit Andi, 2010), dan Satu Hari Bukan di Hari Minggu (Gress Publishing, 2011).

Cerpen-cerpen dalam Kinoli ini tak jauh-jauh dari kehidupan kaum perempuan. Masalah seputar hak lahiriah maupun batiniah ditulis dengan bahasa yang realis dan boleh dibilang agak berbeda dengan gaya penulisan Yetti A. Ka pada umumnya.

Cerpen Kinoli, yang juga digunakan sebagai judul kumcer tunggal ini, mengisahkan seorang perempuan bernama Kinoli yang berharap dikaruniai dua anak perempuan. Anak perempuan bisa menjadi teman di berbagai suasana, anak lelaki kadang memiliki selera yang jauh berbeda, begitu Kinoli beralasan. (hlm. 69)
Dalam cerpen ini juga tersirat adanya sebuah “masalah” dalam perkawinan. Dengan jelas pembaca dapat menyimak narasi berikut:
Dalam kehidupan setiap perempuan hanya ada satu lelaki dan bersama lelaki itu ia menjadi lengkap. Tapi pasangan yang demikian hanya ada satu dalam sepuluh juta. Sisanya hanya pasangan-pasangan hasil dari kompromi, ketertarikan dangkal, daya tarik fisik, atau sekadar kebiasaan.” (hlm. 76)

Selebihnya, cerita tentang kekerasan seksual dan masalah rumah tangga juga dapat disimak dalam Naru dan Layang (hlm. 39-46). Naru dan Layang adalah dua perempuan yang bersahabat sejak kecil. Namun perjalanan hidup yang berbeda memisahkan mereka sejak lulus SMA. Layang mengalami kekersaan seksual oleh ayah tirinya selama bertahun-tahun. Di sisi lain, Naru yang pada akhirnya berumah tangga juga menghadapi persoalan yang tak kalah peliknya. Di akhir cerita, pembaca seperti diajak menerka-nerka untuk mengetahui permasalahan yang menyesakkan dada Naru; suami Naru berada di rumah Layang sebelum dia datang.


Untuk pemesanan buku ini, silahkan sms ke 081802717528. Untuk pemesanan buku-buku yang lain silahkan lihat di JUAL BUKU SASTRA BNI UGM 0117443522 a.n. Indrian Toni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets