Rabu, 24 Agustus 2011

Dongeng-dongeng Tua, Kumpulan Puisi Iyut Fitra



Dongeng-dongeng Tua, Kumpulan Puisi Iyut Fitra

Judul               : Dongeng-dongeng Tua
Pengarang       : Iyut Fitra
Penyunting      : Raudal Tanjung Banua
Tebal               : 138 halaman
Ukuran             : 14 x 21 cm
Penerbit           : Akar Indonesia, 2009

Harga             : Rp. 27.000


Puisi-puisi Iyut merupakan gabungan melankoli dan pemberontakan tersembunyi, bersumber dari khazanah kampung-halaman, Minangkabau, yang kaya tradisi bakaba (dongeng, cerita), dan meluas ke tataran ”kampung nasional”, jika bukan ”kampung global”.  Oleh karena itu, kegelisahan personal berhasil diperkayanya dengan persoalan kolektif, dalam bangunan bahasa yang indah. Sapardi Djoko Damono memberi catatan,”Penggunaan sejumlah kearifan setempat dalam puisi Iyut tidak sekadar memoleskan warna dan suasana, tetapi menggarisbawahi makna cinta, perjuangan hidup, dan rasa sunyi yang bisa dibaca di antara larik-lariknya.” Sedangkan Acep Zamzam Noor, penyair yang juga pelukis menyatakan,”Bagi saya puisi-puisi Iyut Fitra mempunyai kesan visual yang kuat. Ia mempunyai kesabaran dalam menyusun detail sehingga apa yang digambarkan begitu kaya dan berwarna.”

Ada banyak warna lokal dan persoalan-persoalan bathin yang ingin diteriakkan oleh sang penulis. Ia seperti ingin berkisah pada para pembacanya, teman dekatnya, kekasih, dan sahabatnya mengenai banyak hal, tentang apa yang dirasakan dalam puisi-puisi yang halus-lembut.

Anda bisa memesan buku ini kepada kami, sekarang. Dongeng-Dongeng Tua karya Iyut Fitra adalah kumpulan puisi yang layak dikoleksi dan dihadiahkan buat orang-orang terdekat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets