Kamis, 05 Juni 2014

Tiga Belas Catatan Perjalanan Studio Pertunjukan Sastra, Bungai rampai Tulisan



Penulis: Iman Budhi Santosa, Suminto A Sayuti, Mustofa W. Hasyim, dkk
Penerbit: SPS-Interlude, Yogyakarta
Tahun Terbit: Oktober 2013
Tebal Buku: xxii + 201 halaman
Harga: 25,000


Studio Pertunjukan Sastra (SPS) adalah komunitas seniman yang “bermarkas” di Taman Budaya Yogyakarta Jl. Malioboro. Didirikan dan diketuai oleh Hari Leo AER (1960-2013), SPS sebagaimana dalam Kredonya, berkomitmen untuk menjaga kelestarian pertunjukan sastra di Yogyakarta. Selain diskusi, seminar dan festival sastra, acara yang kerap ditampilkan di SPS adalah deklamasi, musik puisi, lagu puisi, sastra gerak, story telling, dan lain-lain. Acara SPS yang digelar tiap malam Minggu itu digawangangi oleh para sastrawan ternama Yogyakarta seperti Mustofa W Hasyim dan Iman Budhi Santosa dan telah mengundang banyak penyair, novelis, cerpenis, kritikus, dramawan, dalang, seniman, baik individual dan kelompok dari beberapa generasi, baik yang tinggal di Yogyakara maupun di luar Yogyakarta. Meskipun kerap dihadiri oleh segelintir hadirin, SPS tetap berupaya untuk menjaga eksistensi pertunjukan sastra dan menarik minat publik terhadap sastra di Yogyakarta.

Buku Tiga Belas Catatan Perjalanan Studio Pertunjukan Sastra ini dimaksudkan untuk memperingati 13 tahun SPS. Buku ini berisi tulisan 24 sastrawan Yogyakarta – baik angkatan “tua” maupun “muda” – yang terlibat maupun yang pernah bersinggungan dengan SPS, dengan prolog oleh panitia 13 tahun SPS, Kredo SPS oleh Hari Leo AER dan epilog oleh Suminto A Sayuti. Ke 24 tulisan ini dibagi dalam tiga bagian: bagian pertama tentang sastra Yogyakarta dan SPS, kedua tentang SPS dan usaha mengawal geliat sastra Yogyakarta, ketiga tentang Hari Leo di mata keluarga besar SPS. Tema yang diangkat dalam ke 24 tulisan itu amat komplek. Kita tidak hanya disuguhi “serba-serbi” SPS dan Hari Leo, tetapi juga tentang pertunjukan dan pengalaman sastra Yogyakarta dari waktu ke waktu, komunitas-komunitas sastra di Yogyakarta, khazanah serta corak kesusasteraan di Yogyakarta. 



Untuk pemesanan buku ini, silahkan sms ke 081802717528. Untuk pemesanan buku-buku yang lain silahkan lihat di http://jualbukusastra.blogspot.com BNI UGM 0117443522 a.n. Indrian Toni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets