Rabu, 11 Juni 2014

Manaqib Mbah Ma’shoem Lasem, Sayyid Chaidar




Judul: Manaqib Mbah Ma’shoem Lasem
Penulis: Sayyid Chaidar
Penerbit: Pondok Mas, Yogyakarta
Tahun Terbit: 2013
Tebal Buku: viii + 142 halaman
Harga: 35,000


Mbah Ma’shoem Lasem termasuk salah satu tokoh pendiri NU dan Pondok Pesantren Al-Hidayah Lasem Rembang. Kyai Kholil Bangkalan, gurunya, menyebut beliau “Jagoan dari tanah Jawa”. Banyak orang menganggap beliau sebagai waliyullah lantaran karomah-karomahnya. Namun demikian, beliau adalah contoh Kyai yang sederhana, bersahaja, kuat pendirian, zuhud, ahli ibadah, kharismatik, pecinta kaum lemah dan mendidik puluhan ribu santri yang kelak menjadi orang-orang penting bagi negeri ini. Denys Lombard, ahli sejarah Jawa, berkata: “Mbah Ma’shoem adalah seorang guru (Kyai) dari Lasem yang kurang dikenal di tingkat nasional, namun kematiannya pada tahun 1972 menimbulkan guncangan hebat dari satu ujung jaringan ke ujung jaringan lainnya.”
Buku Manaqib Mbah Ma’shoem Lasem karya Sayyid Chaidar ini barangkali adalah biografi Mbah Ma’shoem yang paling lengkap. Di dalamnya berisi tentang sejarah kehidupan, riwayat pendidikan, surat wasiat, daftar guru dan santri Mbah Ma’shoem. Di samping itu juga dilengkapi dengan pidato sambutan Gubernur Jawa Tengah, pidato KH. Dr. Idham Chalid pada pemakaman dan peringatan kematian beliau. Menariknya, selain berisi tentang seluk-beluk perjuangan, tradisi pengajaran, buku ini juga menampilkan kisah-kisah mengharukan dan karomah-karomah Mbah Ma’shoem. Buku yang pertama kali diterbitkan tahun 1972 ini dilengkapi dengan foto-foto beliau.

(Fakih)

Untuk pemesanan buku ini, silahkan sms ke 081802717528. Untuk pemesanan buku-buku yang lain silahkan lihat di http://jualbukusastra.blogspot.com BNI UGM 0117443522 a.n. Indrian Toni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets