Kamis, 19 Juni 2014

Negeri Tanpa Nama, kumcer Maduretna Menali, Dkk.




Judul: Negeri Tanpa Nama
Penulis: Maduretna Menali, dkk
Penerbit: Ladang Pustaka, Yogyakarta
Tahun Terbit: 2013
Tebal Buku: v + 217 halaman
Harga: 40,000

Buku Negeri Tanpa Nama diterbitkan dengan tujuan untuk menjawab kegelisahan sebagian besar orang yang merasa miris melihat sepinya penerbitan antologi cerpen bersama. Buku ini berisi 20 cerpen dari 20 cerpenis dari berbagai daerah, suku, budaya dan tradisi yang berbeda. Dengan hadirnya antologi cerpen bersama ini diharapkan orang dapat melihat bagaimana cerpenis dalam memandang masyarakat sekitarnya secara khusus dan memandang dunia secara umum. Keduapuluh cerpenis itu adalah: Maduretna Menali, Nong Djesse, Muhammad Rois Rinaldi, Robby Anugerah, Muhammad Qhadafi, Ahmad Ijazi H, Reni Heriani, Putra F.D. Bali Mula, Ratna Mega Sari, Fathorrozi, Imam Sholikhi, Ni Putu Fatmaha Lindawati, Miftah Aliya Fauziah, M. Arif Budiman, Elfa Nurul Annisa, DG. Kumarsana, Arinny Fharahma, Shabrina WS, Dudi Irawan dan Hendra Saputra.
Seperti dikatakan oleh Ian Sancin dalam kata pengantarnya, tema cerpen-cerpen dalam buku kumpulan ini memperlihatkan bermacam urat konflik yang diketengahkan secara fokus oleh para penulisnya, di mana mereka menyentuh budaya lokal yang khas dari daerah mereka masing-masing, baik dalam soal estetika daerah, suku, persoalan klenik, cinta, rumah tangga, dan sebagainya. Semua citra lokal itu, para penulis secara lebih luas menyinggung soal urusan sosial, negara, bahkan urusan Tuhan. Dengan membaca cerpen-cerpen di dalam buku ini, di samping kita dapat melihat gelagat cerpen masa kini oleh para cerpenis muda daerah, juga membuat kita banyak mengenal hal-hal yang khusus dari lingkungan sosial kemasyarakatan, ekonomi, budaya, tradisi, kebiasaan dan pandangan dunia masyarakat di mana mereka hidup.
(Fakih)
 

Untuk pemesanan buku ini, silahkan sms ke 081802717528. Untuk pemesanan buku-buku yang lain silahkan lihat di http://jualbukusastra.blogspot.com BNI UGM 0117443522 a.n. Indrian Toni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets