Minggu, 15 Juni 2014

Mereka yang Melampaui Waktu, Tulisan Sigit Budhi Setiawan & Marlutfi Yoandinas





Judul: Mereka yang Melampaui Waktu
Penulis: Sigit Budhi Setiawan & Marlutfi Yoandinas
Penerbit: Pustaka Sempu & Layar Nusa, Yogyakarta
Tahun Terbit: 2013
Tebal Buku: xvi + 196 halaman
Harga: 70,000


Semua orang tentu saja ingin berumur panjang, bahagia, sehat dan produktif. Di alaf modern ini, telah banyak konsep dan teori diorbitakan serta juga banyak buku diterbitkan untuk mewujudkan empat hal tersebut. Tetapi kenyataannya, justru orang-orang desa yang tak tahu konsep, teori dan tak pernah baca buku yang memiliki umur panjang, hidup bahagia, sehat dan produktif – yaitu mereka yang hidup di atas warisan nenek moyang kita yang azali. Hal ini membuktikan bahwa proyek modernitas mengenai empat hal tersebut “kalah telak” dibandingkan tata cara hidup orang-orang tradisional yang sering kali dianggap “kuno”. Tidak merokok, tidak minum kopi, rajin berolahraga, hidup material, individualisme, gemar menabung serasa sudah menjadi kaidah orang modern. Apakah dengan demikian orang akan berumur panjang, hidup bahagia, sehat dan produktif? Tidak menjamin.
Banyak orang merokok, minum kopi, tidak berolahraga, hidup pas-pasan, hidup bersosial, tidak punya tabungan yang berumur panjang, bahagia, sehat dan produktif. Contohnya adalah tokoh-tokoh “tidak terkenal” yang direkam dalam buku Mereka yang Melmpaui Waktu karya Sigit Budhi Setiawan & Marlutfi Yoandinas ini. Buku ini adalah antologi 22 orang-orang berumur panjang, hidup bahagia, sangat jarang sakit dan pekerja keras. Rata-rata mereka berumur di atas 80 tahun dan menjalani hidup sederhana di desa-desa. Mereka berasal dari berbagai latar belakang suku, ras dan agama. Nuansa hidup mereka tidak modern, tetapi anehnya, mereka dikaruniai hal-hal yang sangat didambakan oleh orang-orang yang mengaku modern tersebut. Buku ini dilengkapi dengan 2 film dokumenter tentang orang-orang yang “melampaui waktu”.

(Fakih)
 
Untuk pemesanan buku ini, silahkan sms ke 081802717528. Untuk pemesanan buku-buku yang lain silahkan lihat di http://jualbukusastra.blogspot.com BNI UGM 0117443522 a.n. Indrian Toni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets