Kamis, 19 Juni 2014

Pesan Al-Quran untuk Sastrawan: Esai-Esai Budaya dan Agama, Aguk Irawan MN

 



Judul: Pesan Al-Quran untuk Sastrawan: Esai-Esai Budaya dan Agama
Penulis: Aguk Irawan MN
Penerbit: Jalasutra, Yogyakarta
Tahun Terbit: 2013
Tebal Buku: ix + 430 halaman
Harga: 80,000


Luar biasa, ternyata Al-Quran memiliki perhatian khusus terhadap eksistensi sastrawan. Perhatian itu terdapat di dalam Q.S. As-Syu’ara [26] ayat 24-27. Bahkan As-Syu’ara itu sendiri berasal dari bahasa Arab yang berarti “penyair” (sastrawan). Satu surah di Al-Quran didedikasikan buat sastrawan. Luar biasa. Sebagai kitab suci, tentu saja Al-Quran tidak membas sastra secara umum, tetapi mengelompokkan mana sastrawan yang meniti di jalan yang benar dan mana sastrawan yang meniti di jalan sesat menurut Islam. Aguk Irawan MN dalam bukunya Pesan Al-Quran untuk Sastrawan: Esai-Esai Budaya dan Agama membahasnya secara analitis dan luas.
Buku ini bukan buku utuh, namun merupakan antologi dari 58 esai dalam berbagai tajuk yang berasal dari tulisan-tulisan ringan yang dimuat di koran, majalah dan jurnal, serta kertas kerja yang disampaikan di forum diskusi, seminar, dan makalah ilmiah yang diajukan sebagai tugas kuliah penulisnya. Buku ini dibagi dalam empat bab: bab pertama tentang sastra dan pesan agama, bab kedua tentang jati diri dan identifikasi jati diri lewat seni, bab ketiga problem tekstualitas dan modernitas, bab keempat tentang ruang publik dan nasib humaniora. Buku ini barangkali penting dikonsumsi tidak hanya oleh para sastrawan, tetapi juga oleh para pengamat dan kritikus sastra, mengingat isinya secara umum “mengkomunikasikan” antara idealitas sastra Islam dan sastra umum dengan fenomena publik sastra kontemporer.

(Fakih)
 
Untuk pemesanan buku ini, silahkan sms ke 081802717528. Untuk pemesanan buku-buku yang lain silahkan lihat di http://jualbukusastra.blogspot.com BNI UGM 0117443522 a.n. Indrian Toni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets