Senin, 01 Agustus 2016

Meditasi Rndu, Kumpulan Puisi Micky Hidayat



Judul: Meditasi Rindu
Penulis: Micky Hidayat
Penerbit: Bukupop, Jakarta
Tahun Terbit: 2008
Tebal Buku: ix + 101 halaman
Harga: 20.000


Semakin lama sajak-sajak Micky Hidayat semakin jernih dan bernas. Tetapi kejernihan dan kebernasan sajak-sajaknya itu tidak jatuh pada kedangkalan. Seperti samudera, sajak-sajak Micky Hidayat tenang karena kedalaman. Bahasa sehari-hari yang sederhana coba digunakan oleh Micky Hidayat untuk menjelmakan hasil perasan perenungan yang tak sederhana. Banyak penyair yang mengarang sajak dengan bahasa sederhana, namun karena dangkalnya perenungan, puisi itu habis sekali baca, tidak meninggalkan “sesuatu” dalam diri pembaca. Dan sajak-sajak Micky Hidayat tidak termasuk sajak yang semacam itu. Di sinilah barangkali letak kejeniusan seorang Micky Hidayat sebagai penyair.
Kita tahu bahwa Micky Hidayat adalah satu-satunya penyair asal Banjarmasin yang namanya tercatat di Museum Rekor Indonesia (MURI) karena berhasil menciptakan rekor membaca puisi selama 5,5 jam nonstop. Dan Meditasi Rindu adalah antologi puisi tunggalnya. Buku antologi ini menghimpun 66 sajak Micky Hidayat. Seperti terangkum dalam judulnya, sajak-sajak Micky Hidayat dalam antologi puisinya ini merupakan sebuah hasil dari “meditasi” dengan perenungan yang dalam tentang banyak hal: musim, petualangan, ekstase, ziarah, laut, hutan, gunung, instrumentalia, jalan sunyi, tanah perjanjian, Banjarmasin, dan lain-lain. Metafor “rindu” juga tercium dalam sajak-sajaknya yang bertemakan di sekitar perasaan rindu: pintu, cinta, perpisahan, dan lain-lain. Segala hal yang diperolehnya dari “meditasi” dan pengungkapan segala hal melalui relung “rindu” dikemasnya seperti kata-kata suci seorang rahib, sehingga kata-kata dalam sajak-sajaknya menjadi berkilau seperti kristal.


Untuk pemesanan buku ini, silahkan sms ke 081802717528. Untuk pemesanan buku-buku yang lain silahkan lihat di http://jualbukusastra.blogspot.com BNI UGM 0117443522 a.n. Indrian Toni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets