Rabu, 31 Agustus 2016

Malam, Dengan Sebuah Tanda, kumpulan Puisi Tulus Widjanarko



Judul: Malam, Dengan Sebuah Tanda
Penulis: Tulus Widjanarko
Penerbit: Bukupop, Jakarta
Tahun Terbit: 2008
Tebal Buku: ix + 76 halaman
Harga: 15.000


Tulus Widjanarko mungkin sebuah nama yang tidak terlalu menonjol di antara deretan penyair seumurannya (lahir 1966). Itu karena ia tak cukup banyak mempublikasikan sajak-sajaknya di media. Tetapi Tulus Widjanarko lebih aktif mempublikasikan di berbagai antologi bersama, baik yang berskala nasional maupun regional (ASEAN). Ia penyair kelahiran Sukoharjo, namun aktif dalam Komunitas Budaya Pangkalan Bambu Bekasi. Ia merupakan pendiri Yayasan Multimedia Sastra (YMS) yang telah menerbitkan beberapa buku sastra dan antologi puisi digital. Malam, Dengan Sebuah Tanda adalah antologi puisi pertamanya. Buku antologi puisi ini berisi 73 sajak Tulus Widjanarko dalam rentang kepenyairannya yang panjang (meskipun diakuinya pernah vakum lama).
Sajak-sajak Tulus Widjanarko dalam buku ini bercorak liris-naratif dan bernada semacam seruan yang dibisikkan kepada seseorang tentang satu hal yang “memeras” perasaan. Sajak-sajak itu tidak panjang, juga tidak pendek, tetapi langsung mengena kepada apa yang dimaksudkaan oleh penyair. Tulus Widjanarko amat pintar memilih kata, mencipta metafor, menganggit irama (kadang-kadang juga rima), sehingga nilai eksotisme seruan itu amatlah berharga, karena dengan begitu makna yang “dituturkan” oleh penyair bukan hanya sekedar bahan renungan biasa, tetapi renungan yang “melenakan”. Larik dan bait-bait sajaknya seperti sebuah lukisan yang mampu membuat si penatap lukisan itu terperanjat, padahal ia tak tahu kenapa ia harus terperanjat begitu. Ada yang “menyelinap” dalam setiap sajak Tulus Widjanarko, dan kita tak tahu itu apa – yang kita tahu hanyalah bahwa kita dibuat tertegun olehnya.
 


Untuk pemesanan buku ini, silahkan sms ke 081802717528. Untuk pemesanan buku-buku yang lain silahkan lihat di http://jualbukusastra.blogspot.com BNI UGM 0117443522 a.n. Indrian Toni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets