Rabu, 31 Agustus 2016

Gerbang Sastra Indonesia Klasik, Untung Yuwono



Gerbang Sastra Indonesia Klasik


Judul: Gerbang Sastra Indonesia Klasik
Penulis: Untung Yuwono
Penerbit: Wedatama Widya Sastra, Jakarta Selatan
Tahun Terbit: 2007
Tebal Buku: viii + 120 halaman
Harga: 25.000


Dengan pesatnya perkembangan sastra modern belakangan ini semestinyalah tidak membuat orang melupakan khazanah sastra klasik. Meskipun banyak orang menganggap bahwa perkembangan sastra modern Indonesia ditimba baik dari Barat maupun Timur, pondasinya telah dibangun oleh nenek moyang kita dulu. Karya sastra Indonesia klasik yang masih hidup hingga kini, seperti yang ditampilkan dalam bentuk seni dan pertunjukan, bagian acara adat, ataupun salinan naskah merupakan lumbung terbesar dari mana sastra modern Indonesia berdiri dan berkembang. Buku Gerbang Sastra Indonesia Klasik ini berupaya kembali mengenalkan sastra Indonesia klasik yang kini cenderung mulai diabaikan.
Karya Untung Yuwono ini dibagi dalam tiga bagian: definisi dan periode kesusasteraan Indonesia; puisi Indonesia klasik (mantra, bidal, pantun, saloka, gurindam dan syair); prosa Indonesia klasik (cerita rakyat, epos India dan wayang, cerita panji, sastra peralihan Hindu-Islam, sastra Islam dan cerita berbingkai). Semua model puisi dan prosa klasik itu diperkenalkan oleh penulis dari dasar dengan bahasa yang lugas dan mudah dicerna. Latihan berapresiasi juga disediakan dalam buku ini agar pembaca tahu mendudukkan karya dalam cara membaca karya, menyimak pembacaan karya serta mendiskusikan karya sastra klasik Indonesia. Buku ini tentu saja penting bagi mahasiswa, akademisi, pemerhati dan sastrawan sebagai pedoman mengenal karya sastra yang pernah diciptakan oleh nenek moyang kita dulu.
   
Untuk pemesanan buku ini, silahkan sms ke 081802717528. Untuk pemesanan buku-buku yang lain silahkan lihat di http://jualbukusastra.blogspot.com BNI UGM 0117443522 a.n. Indrian Toni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets