Rabu, 31 Agustus 2016

Lagu Pesisiran: Puisi-Puisi Betawi, Puisi Ridwan Saidi



Lagu Pesisiran: Puisi-Puisi Betawi


Judul: Lagu Pesisiran: Puisi-Puisi Betawi
Penulis: Ridwan Saidi
Penerbit: Bukupop, Jakarta
Tahun Terbit: 2008
Tebal Buku: xii + 105 halaman
Harga: 20.000


Buku bertajuk Lagu Pesisiran: Puisi-Puisi Betawi ini bukan kumpulan lagu-lagu Betawi, tetapi kumpulan puisi Ridwan Saidi. Tetapi di depan atau di belakang beberapa sajaknya ada dibubuhkan pantun atau cengcowakan Betawi. Ridwan Saidi selama ini lebih dikenal sebagai mantan aktivis mahasiswan dan politisi yang pernah menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (1977-1987). Namun meskipun demikian, bukan berarti sajak-sajaknya jauh dari kualitas estetis. Justru di antara penyair lain yang mana pun, sajak-sajaknya cukup unik. Hal ini dikarenakan Ridwan tidak hanya memasukkan unsur, sejarah, hikayat, tradisi atau mitos Betawi, tetapi bahasa dan gaya ungkap sajaknya adalah bahasa dan cara ngomongnya orang Betawi. Jika orang ingin tahu puisi modern yang bercorak kedaerahan atau puisi kedaerahan yang bercorak modern, sajak-sajak yang tertuang dalam buku inilah contohnya yang paling dekat.
Kekuatan aroma Betawi dalam sajak-sajak Ridwan tentu saja tidak bisa dilepaskan dari sosoknya yang merupakan pinisepuh Betawi yang betul-betul kenal sastra, sejarah, mitos, nilai, hikayat, tradisi, budaya, bahasa, gaya hidup dan sosial masyarakat orang Betawi. Taufiq Ismail dalam pengantarnya mengatakan Ridwan seperti seorang pekabar yang memikat yang menguasai rima tanpa bersengaja-sengaja dan punya ketangkasan memainkan irama yang otomatis muncul seperti musikus yang akrab dengan instrumennya. Intrumen yang dimaksud tentu saja instrumen Betawi. Buku ini dibagi dalam 4 bagian; Lagu Pesisiran (berisi 9 sajak); Darah dan Asmara (berisi 2 sajak); Langgar Kong Aji (berisi 9 sajak); Betawi Tengah Punya Gaya (berisi 8 sajak).
 

Untuk pemesanan buku ini, silahkan sms ke 081802717528. Untuk pemesanan buku-buku yang lain silahkan lihat di http://jualbukusastra.blogspot.com BNI UGM 0117443522 a.n. Indrian Toni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets