Selasa, 07 April 2015

Peneroka Malam, Puisi Irwan Abu Bakar dan Ulasan Sastrawan Indonesia




 Judul: Peneroka Malam (Dengan Ulasan Penulis Indonesia)
Penulis: Irwan Abu Bakar
Penerbit: E Sastra Management Enterprise, Jakarta Timur
Tahun Terbit: November 2014
Tebal Buku: x + 156 halaman
Harga: 50.000

Peneroka Malam (Dengan Ulasan Penulis Indonesia) ini adalah buku puisi Irwan Abu Bakar, seorang penyair Malaysia presiden E-Sastra, sebuah geakan sastra siber yang membuka ruang pemuatan karya dari berbagai genre di dunia maya bagi penulis berbahasa Melayu dari seluruh dunia. Uniknya, tiap puisi yang tersaji dalam buku ini diulas oleh satu orang pengulas. Lebih unik lagi, para pengulas tersebut adalah sastrawan dan kritikus sastra yang berasal dari Indonesia. Mereka adalah Acep Zamzam Noor, Aurelia Tiara Widjanarko, Budhi Setyawan, Hardho Sayoko SPB, Daladi Ahmad, Dhenok Kristianti, Dedy Tri Riyadi, Dr. Zurinah Hassan, Esti Ismawati, Evi Idawati, Joko Pinorbo, Ons Untoro, Setiyo Bardono dan Yo Sugianto. Ada 25 sajak yang dihimpun oleh buku ini, dan tiap-tiap sajak diulas oleh para pengulas tersebut, plus – untuk sajak ke-25 – diulas oleh Irwan sendiri.
Buku ini tentu saja sangat menarik, karena adalah untuk pertama kalinya karya seorang penulis jiran diulas oleh banyak sastrawan-kritikus Indonesia. Terlebih, meski terpisah oleh teritori politik yang kerap kali menimbulkan konflik, buku ini menyediakan peluang kepada rakyat kedua negara untuk lebih saling memahami dan mengikat persaudaraan serumpun. Di luar semua itu, para pengulas menemukan sejumlah “kesegaran” dalam sajak-sajak Irwan. Rata-rata mereka mengatakan bahwa sajak-sajak Irwan sarat dengan perenungan yang dalam. Mereka bahkan menemukan, gaya penulisan puisi oleh Irwan ke luar dari pakem gaya persajakan yang umum ditulis oleh para penyair Malaysia kontemporer lainnya. (Fakih)


Untuk pemesanan buku ini, silahkan sms ke 081802717528. Untuk pemesanan buku-buku yang lain silahkan lihat di http://jualbukusastra.blogspot.com BNI UGM 0117443522 a.n. Indrian Toni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets