Jumat, 17 April 2015

Kisah Anak Muda, Kumpulan Naskah S. Metron M.

 


Judul: Kisah Anak Muda: Kumpulan Dua Naskah Drama (Dua Senja & Gerhana di Thawalib)
Penulis: S Metron Masdison
Penerbit: Ranah Teater, Padang
Tahun Terbit: Desember 2013
Tebal Buku: x + 172 halaman
Harga: 30.000

S Metron Masdison (l. 1974) adalah salah seorang dramawan dan teaterawan muda dari Padang yang juga aktif bergelut dalam dunia perfilman. Tahun 1997, ia ikut membuat film Cindera Mata, tahun 2004 menyelesaikan 4 episode Empat Lakon Perang Paderi, dan membuat film pendek Sebuah Permainan Tentang Hari (2005) dan Saku Suami (2003). Sebagai sutradara Teater Ranah Padang, Masdison membawakan Naskah Primordial di Taman Ismail Marzuki (TIM) dan mementaskan Dua Senja di Payakumbuh. Banyak lomba penulisan naskah drama telah ia juarai. Di luar itu, ia juga menulis tentang film, teater dan sastra di sejumlah media.
Kisah Anak Muda: Kumpulan Dua Naskah Drama (Dua Senja & Gerhana di Thawalib) adalah buku pertamanya. Buku ini berisi dua naskah drama: Dua senja dan Gerhana di Thawalib. Drama Dua Senja mengisahkan tentang warna-warni kehidupan masa lalu anak remaja yang berlatar Perang Paderi abad ke-19. Dua anak muda yang saling jatuh cinta berasal dari dua keluarga yang berbeda. Si lelaki berasal dari Kaum Paderi, sedangkan si perempuan dari Kaum Adat. Dua “Kaum” itu adalah dua “kerajaan” yang terus bersitegang. Konon, Dua Senja adalah Romeo-Juliet versi Minangkabau. Sedangkan drama kedua, Gerhana di Thawalib, menceritakan situasi sekolah agama yang menerima tamu untuk sebuah kompetisi. Tetapi hal itu justru menciptakan kekacauan, karena adanya kesalahpahaman dalam banyak hal. Kebebasan berpikir pun dipertanyakan sampai akhirnya membawa sekolah ke jurang kehancuran.(Fakih)


Untuk pemesanan buku ini, silahkan sms ke 081802717528. Untuk pemesanan buku-buku yang lain silahkan lihat di http://jualbukusastra.blogspot.com BNI UGM 0117443522 a.n. Indrian Toni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets