Selasa, 07 April 2015

Meja 17, Novel Tanpa Plot Ala Irwan Abu Bakar




Meja 17: Sebuah Novel Tanpa Plot

Judul: Meja 17: Sebuah Novel Tanpa Plot
Penulis: Irwan Abu Bakar
Penerbit: E Sastra Management Enterprise, Jakarta Timur
Tahun Terbit: November 2014
Tebal Buku: viii + 156 halaman
Harga: 40.000

Di halaman sebuah kafe, pada baris keempat, terdapat meja nomor 17. Meja itu sama seperti meja lainnya, berbentuk segi empat dan dikelilingi oleh empat buah kursi. Siapa saja boleh duduk di situ, memesan makan dan minuman. Meski tak ada perbedaan dengan meja-meja lain, meja nomor 17 dianggap oleh banyak orang, terutama pelanggan, sebagai nomor kasih sayang dan cinta. Orang-orang menyebutnya ‘si manis 17’ atau ‘sweet seventeen’. Di meja itu tak hanya tersaji secangkir kopi dan santapan, tapi juga menyimpan riwayat pergolakan hati, kegetiran dan harapan. Riwayat-riwayat itulah yang terhimpun dalam novel Meja 17 ini. Penulisnya, Irwan Abu Bakar, adalah sastrawan Malaysia. Selain itu, ia memiliki profil unik. Di kalangan penulis, ia dikenal sastrawan garda depan Malaysia saat ini yang menerbitkan buku puisi, cerpen dan novel. Di kalangan akademisi, teruama ilmu rekayasa biomedis, ia dipanggil “Prof Irwan”.
Meja 17 ditulis dengan bahasa Indonesia yang bernas, matang dan penuh lompatan dimaksudkan oleh Irwan untuk menyapa pembaca Indonesia. Dalam novel ini, tampak sekali Irwan sangat berpengalaman, baik dalam konteks penceritaan, lebih-lebih dalam konteks literer. Dalam banyak hal, bahasa novel ini mengagumkan. Namun demikian ini adalah novel anti plot. Dalam arti bahwa buku ini sesungguhnya kumpulan cerpen, di mana tiap judul membawa kisah sendiri-sendiri, namun bersifat satu-kesatuan, yakni berkisah seputar meja nomor 17. Buku ini memuat 18 cerpen. Pembaca jangan berharap menemui alur cerita selayaknya novel dalam buku ini, karena semua cerita mengalir saja dengan sajian berbeda tenang sebuah meja di halaman kafe. (Fakih)


Untuk pemesanan buku ini, silahkan sms ke 081802717528. Untuk pemesanan buku-buku yang lain silahkan lihat di http://jualbukusastra.blogspot.com BNI UGM 0117443522 a.n. Indrian Toni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets