Jumat, 17 April 2015

Lamsijan Memutuskan Menjadi Gila, Kumcer Asef Saeful Anwar



Judul: Lamsijan Memutuskan Menjadi Gila
Penulis: Asef Saeful Anwar
Penerbit: Pusat Studi Kebudayaan UGM, Yogyakarta
Tahun Terbit: September 2014
Tebal Buku: xi + 141 halaman
Harga: 30.000

Lamsijan Memutuskan Menjadi Gila adalah buku kumpulan cerpen. Di dalam pengantarnya, Dr. Aprinus Salam, M. Hum mengatakan bahwa ke-15 cerpen yang dihimpun dalam buku ini secara garis besar menawarkan sejumlah kebaruan, terutama dari sisi teknik penulisan cerita. Ada beragam eksperimentasi teknik yang ditunjukkan oleh Asef Saeful Anwar. Cinta, sebuah tema jumud, ditangan Asef Saeful Anwar justru jadi menarik karena digarap dengan teknik baru. Pembaca bisa saja tidak menikmati ceritanya, tetapi justru menikmati teknik penceritaannya. Namun demikian, meskipun tema-tema cerpen dalam buku ini terbilang “biasa”, Asef Saeful Anwar menyuguhkan sejumlah kisah yang “tidak biasa”. Di sinilah letak kecerdasan penulis. Cerita biasa, ditangan penulis yang cerdas, menjadi cerita yang tidak biasa, lantaran selain menawarkan kisah baru, ia juga menuliskan kisah-kisahnya itu dengan gaya penulisan baru dan segar.
Asef Saeful Anwar lahir di Cirebon, mahasiswa pascasarjana Ilmu Sastra FIB UGM dan staf Pusat Studi Kebudayaan UGM (PSK-UGM). Selain cerpen, ia juga menulis esai dan sajak di sejumlah media dan buku antologi bersama. Lamsijan Memutuskan Menjadi Gila adalah buku pertamanya. Penerbitan Lamsijan Memutuskan Menjadi Gila ini merupakan bentuk penyegaran setelah PSK-UGM lebih kerap menerbitkan karya-karya ilmiah yang merupakan hasil penelitian. Kini PSK-UGM berupaya menerbitkan karya-karya sastra yang “layak” untuk dibaca kalangan akademik maupun masyarakat luas. PSK-UGM berharap buku Lamsijan Memutuskan Menjadi Gila tidak hanya dinikmati sebagai sebuah karya tulis, tetapi juga mampu didiskusikan dan dikaji sebagai karya sastra, baik oleh PSK-UGM maupun oleh pihak-pihak lain. (Fakih)


Untuk pemesanan buku ini, silahkan sms ke 081802717528. Untuk pemesanan buku-buku yang lain silahkan lihat di http://jualbukusastra.blogspot.com BNI UGM 0117443522 a.n. Indrian Toni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets