Jumat, 17 April 2015

Catatan Sunyi, KUmpulan Puisi Monika N. Arundhati

 


Judul: Catatan Sunyi
Penulis: Monika N. Arundhati
Penerbit: Penerbit Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta
Tahun Terbit: 2014
Tebal Buku: 118 halaman
Harga: 53.000

Mungkin tidak banyak yang mengenal Monika N. Arundhati, karena memang dia masih belia (1990). Tetapi ketahuilah bahwa dia merupakan salah seorang dari sedikit penyair perempuan dari Indonesia Timur. Dia lahir di Lembata NTT, kuliah di Universitas Sanata Dharma dan pada tahun 2014 diundang dalam Makasar International Writers Festival mewakili penyair perempuan Indonesia Timur. Buku Catatan Sunyi ini adalah antologi puisi tunggalnya yang pertama. Buku ini dibuka oleh pengantar dari Monika, diberikan pengantar oleh Budi Kladen (Terlahir dari Sunyi) dan epilog diisi oleh Christopher A. Woodrich (Empat Sekawan Sunyi). Secara keseluruhan, buku ini menghimpun sajak-sajak Monika yang ia tulis dari tahun 2010 sampai tahun 2014.
Menurut Budi Kleden, Monika mampu menghadirkan analogi-analogi cerdas tentang perjumpaan dengan manusia, permenungan tentang hidup dan kenangan terhadap mereka yang disayangi. Sajak-sajak Monika suka menampilkan kejutan di bait akhir, dan ini merupakan satu pokok kekuatan sajak-sajaknya. Pembaca dihadapkan dengan pernyataan yang tidak terbayangkan sebelumnya, sehingga merasa terundang untuk berkhayal panjang dan tunduk termenung. Sementara menurut Chistopher A. Woodrich, sepanjang pengamatannya, penggunaan bahasa sajak-sajak Monika semakin berkembang seiring waktu. Ia menyebut Monika sebagai penyair muda yang pandai menggunakan tangan dan lidah dalam cara yang anggun untuk mengungkapkan makna-makna baru tentang, misalnya, cinta, kesunyian manusia, keagungan Tuhan, dan kematian. (Fakih)

 
Untuk pemesanan buku ini, silahkan sms ke 081802717528. Untuk pemesanan buku-buku yang lain silahkan lihat di http://jualbukusastra.blogspot.com BNI UGM 0117443522 a.n. Indrian Toni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets