Rabu, 28 Mei 2014

Sebuah Usaha Menulis Surat Cinta, Kumcer Puthut EA





Judul: Sebuah Usaha Menulis Surat Cinta
Penulis: Puthut EA
Penerbit: EA Book, Yogyakarta
Tahun Terbit: I, Februari 2014
Tebal Buku: xii + 180 halaman


Sebuah Usaha Menulis Surat Cinta ini adalah kumpulan cerpen karya Puthut EA, seorang cerpenis Yogyakarta yang sangat produktif dan karya-karyanya sudah tidak asing lagi di belantara sastra Nasional. Cepen-cerpen yang dimuat di buku ini relatif bertema sama, yakni tema cinta. Tetapi, sebagaimana tema-tema “klise” yang diangkat dalam cerpen-cerpen Puthut EA yang lain, baik kualitas kisah maupun kualitas literernya, cinta dalam dalam kumpulan cerpen ini amat memikat dan terasa “baru”. Cerpen yang berjudul Sebuah Usaha Meulis Surat Cinta ­– yang dijadikan judul antologi cerpen ini – dengan ditulis melalui gaya epistolari, berkisah tetang hubungan dua orang yang yang memukau, meski menyedihkan. Puthut EA, dalam cerpen ini, berusaha mengembalikan kehormatan seorang lelaki yang dirundung cinta kepada seorang perempuan untuk tidak menyerah kepada perasaannya sendiri.
Salah jika pembaca ingin berusaha menemukan kisah yang selesai dalam cerpen-cerpen Puthut EA ini. Seluruh kisah cintanya – baik cinta yang kandas, cinta terselubung atau cinta yang terlarang – adalah episode yang tidak tamat, menggantung. Mungkin hal ini membuat pembaca geram, tetapi justru itulah letak kekuatan dan kepiawaian Puthut EA dalam menuliskan cerita-ceritanya. Puthut EA membiarkan pembacanya untuk menilai dan menghakimi kisah itu sendiri. Kadang Puthut EA menawarkan kisah cinta yang seolah-olah manusiawi, padahal – jika teliti – pembaca akan menemukan bahwa itu kisah tentang hubungan yang rusak, salah, hancur, amoral dan terkutuk. Singkat kata, melalui kumpulan cerpennya kali ini, Puthut EA menyuguhkan “rasa kaget” dan “geram” yang mulia bagi para pembacanya.
(Fakih) 

Untuk pemesanan buku ini, silahkan sms ke 081802717528. Untuk pemesanan buku-buku yang lain silahkan lihat di http://jualbukusastra.blogspot.com BNI UGM 0117443522 a.n. Indrian Toni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets