Sabtu, 10 Mei 2014

Djoernal Sastra Boemipoetra




Judul: Boemipoetra Djoernal Sastra
Penerbit: Boemipoetra, Tangerang
Tahun Terbit: Noember 2012
Tebal Buku: 302 halaman
Harga: 70,000


Boemipoetra adalah jurnal sastra perlawanan yang digawangi oleh Saut Situmorang, Wowok Hesti Prabowo, Koesprihyanto Namma, Mahdi Duri, Jumari HS dan Gito Waluyo. Misinya adalah melawan antek-antek kapitalisme-liberalisme global yang merasuki “tubuh” sastra Indonesia dan melawan dominasi Jakarta sebagai pusat sastra Indonesia. Lebih tepatnya, jurnal Boemipoetra bukan melawan, tetapi menyerang. Serangannya pun bukan hanya sekedar cukup, tetapi sangat keras dan amat kasar. Bahkan karena saking keras dan kasarnya, cenderung mengejek dan mencela. Pihak dan oknum yang diejek atau dicela amat terang dan jelas: Komunitas Utan Kayu (KUK) dan Salihara bersama tokoh-tokohnya seperti Goenawan Mohamad atau Ayu Utami. Belum pernah ada dalam sejarah sastra Indonesia jurnal yang “brangasan” seperti halnya Boemipoetra.
Buku ini merupakan kumpulan jurnal Boemipoetra yang diterbitkan mulai sejak tahun 2007 sampai 2011. Ada 75 jurnal yang terkumpul dalam buku ini. Jurnal Boemipoetra tiap kali terbitan rata-rata setebal 4 halaman. Bagi sebagian orang, mungkin jurnal ini tidak terlalu atau tidak begitu penting untuk dikonsumsi mengingat isinya sebagian besar adalah umpatan dan celoteh yang berangasan. Tetapi tunggu dulu. Jurnal ini juga memuat tulisan para pakar terkenal seperti Katrin Bandel, Abdul Hadi WM, Martin Suryajaya, dan lain-lain. Juga berisi karya-karya Danarto, Ahmadun Yosi Herfanda, Hudan Hidayat, Wayan Sunarta, dan lain-lain. Wacana-wacana yang dilemparkan ke publik pun rata-rata tak akan didapatkan di media-media lain, contoh: Goenawan Pelacur Budaya, Sastra Indonesia dalam Skenario Imperialisme, Perang Sastra Boemipoetra vs Utan Kayu, dan lain-lain. Pendeknya, jika jurnal lain itu biasa, Boemipoetra tidak biasa.

Untuk pemesanan buku ini, silahkan sms ke 081802717528. Untuk pemesanan buku-buku yang lain silahkan lihat di http://jualbukusastra.blogspot.com BNI UGM 0117443522 a.n. Indrian Toni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets