Selasa, 20 Mei 2014

Museum Penghancur Dokumen Kumpulan Puisi Afrizal malna




Judul: Museum Penghancur Dokumen
Penulis: Afrizal Malna
Penerbit: Garudhawaca, Yogyakarta
Tahun Terbit: I, April 2013
Tebal Buku: 108 halaman
Harga: 30,000


Museum Penghancur Dokumen adalah antologi puisi Afrizal Malna paling mutakhir. Isinya dibagi menjadi tiga bab. Bab pertama Di Bawah Penggaris Kata memuat 10 puisi, bab kedua Bayangan Arsip berisi 24 puisi, dan bab ketiga Suara yang Berjalan di Atas Kaca mencover 19 puisi. Jadi, secara keseluruhan, antologi ini berisi 53 sajak terbaru Afrizal. Dan di akhir halaman, Afrizal menulis Esai Penutup yang cukup menarik. Meskipun Afrizal bilang bahwa ia sendiri merasa ragu untuk menerbitkannya, karena ia menganggap banyak kekosongan di dalamnya, tetapi toh antologi puisinya ini dianggap sangat berharga oleh banyak orang dan telah menggandoli Khatulistiwa Literary Award (KLA) 2013 untuk kategori puisi.
Sebagaimana sajak-sajak Afrizal di tempat lain, di dalam antologi ini Afrizal tetap bertahan dengan gaya khasnya: skizofrenia urbanik. Afrizal masih setia memungut kata-kata dari realitas yang kacau, jungkir-balik, depresi dan fenomena-fenomena dengan “plakat” negatif lainnya sedemikian sehingga sajak-sajaknya cenderung seperti sebuah ruang di mana kata memainkan perannya sebagai sosok antagonis yang destruktif. Namun demikian, lebih dari itu, pembaca akan menemukan idiom-idiom baru, metafor-metafor baru, dan tipologi-tipologi baru yang khas Afrizal dan tidak mungkin ditemukan di tempat lain – bahkan di dalam antologi puisi Afrizal yang lain – selain di dalam antologi puisi ini. Sebagai contoh, di dalam antologi ini, Afrizal menyajikan sebagian sajaknya dalam diagram, matriks dan tabel. Jadi, terasa tidak lengkap membaca sajak-sajak Afrizal tanpa bersandingkan antologi puisi paling mutakhirnya ini. 

(Fakih)
 
Untuk pemesanan buku ini, silahkan sms ke 081802717528. Untuk pemesanan buku-buku yang lain silahkan lihat di http://jualbukusastra.blogspot.com BNI UGM 0117443522 a.n. Indrian Toni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets