Rabu, 28 Mei 2014

Menunggu Pagi: Antologi Cerpen Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia




Judul: Menunggu Pagi: Antologi Cerpen Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia
Penulis: Ardila, dkk
Penerbit: Javakarsa Media, Yogyakarta
Tahun Terbit: I, Oktober 2013
Tebal Buku: iii + 84 halaman
Harga: 35,000

Sudah mulai semenjak dahulu publik “meminta” kepada para akademisi agar perguruan tinggi menjadi salah satu “tulang punggung” sastra Indonsia. Publik menyayangkan dengan perkembangan jurusan sastra yang seakan-akan terlepas dari “ranah” sastra sedemikian sehingga seakan-akan antara sastra Indonesia dengan jurusan sastra tidak berbanding lurus. Publik menginginkan agar awak akademisi ikut menyemarakkan, ikut “urun-rembuk”, ikut bertanggung jawab, ikut serta dalam mendorong perkembangan sastra Indonesia. Tidak hanya sebagai kritikus, publik juga menginginkan dari lambung jurusan sastra juga muncul benih-benih sastrawan. Maka buku Menunggu Pagi: Antologi Cerpen Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia ini barangkali merupakan salah satu jawaban mahasiswa Jurusan Sastra dan Bahasa Indonesia UGM Yogyakarta terhadap permintaan publik yang agaknya tidak berlebihan itu.
Buku antologi ini memuat 10 cerpen yang ditulis oleh 10 mahasiswa UGM: Achmad Muchtar (Ilusi Sepi), Ardila Chaka (Menunggu Pagi), Budi Wahyono (Lucah), Indiana Malia (Bangkai), Maghfiroh (Amanat Nogosari), Nafisah (Kolektor Asa), Novita D.P (Pekik Kehidupan Sahabatku), Patricia Elsa (Ajari Aku Berlayar), Setyani (Lilin) dan Ucil (Maaf Tak Terucap). Para penulis rata-rata mahasiswa dan mahasiswi angkatan 2011. Mereka tergolong penulis baru. Jangan dulu menganggap bahwa karena mereka penulis baru, karya mereka serta-merta remeh. Anggapan “remeh” terhadap “yang baru” barangkali sebaiknya dibuang jauh-jauh sebelum membaca dan mendalami karya mereka. Tidak jarang karya penulis baru dan tidak terkenal secara kualitas melebihi karya penulis lama dan terkenal. Kita dapat mengambil banyak hal dari karya penulis-penulis UGM dalam buku antologi cerpen ini.
(Fakih)
 
Untuk pemesanan buku ini, silahkan sms ke 081802717528. Untuk pemesanan buku-buku yang lain silahkan lihat di http://jualbukusastra.blogspot.com BNI UGM 0117443522 a.n. Indrian Toni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets