Sabtu, 10 Mei 2014

Bisikan Malaikat, Kumpulan Puisi Syamsu Indra Usman


Judul: Bisikan Malaikat, Kumpulan Puisi

Pengarang: Syamsu Indra Usman
Tebal: xvi + 100 halaman
Penerbit: Gress Publishing, Yogyakarta
Cetakan: Februari 2012
Harga: 25,000


Bisikan Malaikat merupakan antologi puisi tunggal Syamsu Indra Usman yang ke-44 dan buku karyanya yang ke-55. Syamsu Indra Usman merupakan salah seorang budayawan Empat Lawang terkemuka yang dijuluki sebagai “penyair gunung” yang dikenal gigih dan tiada lelah dalam berkarya dan bekerja kesenian, sehingga pada tahun 2004 ia mendapatkan Penghargaan Seni Sastra dan Tokoh Masyarakat Empat Lawang yang Berjasa dari Gubernur Sumatera Selatan. Buku yang memuat 94 sajak ini diberikan Kata Pengantar oleh B. Trisman (Balai Bahasa Provinsi Sumatera Selatan).
Buku ini adalah himpunan sajak-sajak Syamsu Indra Usman dalam kurun waktu 1995-2010. Seperti yang disinyalir oleh B. Trisman, sajak-sajak dalam buku ini berbeda dengan sajak-sajaknya sebelum-sebelumnya. Jika sebelum-sebelumnya sajak-sajaknya bernada sosial, dalam antologi ini lebih bersifat perenungan atas perjalanan hidup dan religiusitas penyair. Dan terutama sekali, sajak-sajak dalam buku ini banyak berbicara tentang kematian. Sajak “Bisikan Malaikat” yang dijadikan judul antologi puisi ini adalah sajak yang berbicara tentang kematian. Judul ini tentu saja disengaja mengingat memang hampir semua sajak penyair di buku ini merupakan percikan permenungan atas kematian. Jika dapat dikatakan, sajak-sajak dalam buku ini menggambarkan tentang penghayatan pengembaraan seorang penyair berumur 60 tahun dari sejak di lahir, merantau ke berbagai kota dan entah kapan nantinya akan kembali ke asal mulanya (Tuhan). Membaca sajak-sajak itu, muncul dalam diri perasaan getir, sedih, bahagia bercampur satu sama lain.

Untuk pemesanan buku ini, silahkan sms ke 081802717528. Untuk pemesanan buku-buku yang lain silahkan lihat di http://jualbukusastra.blogspot.com BNI UGM 0117443522 a.n. Indrian Toni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets