Selasa, 20 Mei 2014

Panduan Penulisan Ilmiah Dalam Bahasa Indonesia Karya Cahyaningrum Dewojati




Judul: Panduan Penulisan Ilmiah dalam Bahasa Indonesia
Penulis: Cahyaningrum Dewojati
Penerbit: Javakarsa Media, Yogyakarta
Tahun Terbit: II, Oktober 2012
Tebal Buku: vii + 194 halaman
Harga: 30,000


Sungguh sangat disayangkan bahwa di zaman yang sudah sangat canggih ini masih banyak mahasiswa atau peneliti yang mengalami problem kebahasaan dalam menuangkan gagasannya dalam sebuah tulisan ilmiah. Problem-problem kebahasaan yang dimaksud itu muncul tatkala mereka menulis laporan (baik laporan praktikum, kegiatan kampus atau laporan hasil penelitian), artikel ilmiah, makalah, sikripsi, tesis atau disertasi. Probem-problem itu seringkali menjadi persoalan pelik yang menghambat kelancaran mahasiswa maupun peneliti dalam menuangkan ide dan gagasannya. Oleh karenanya, dalam rangka menanggapi fenomena itu, sebagai tanggung jawabnya sebagai peneliti dan dosen di beberapa perguruan tinggi ternama (UGM, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Achmad Dahlan dan STIKES Jenderal Ahmad Yani Yogyakarta), Cahyaningrum Dewojati menulis buku Panduan Penulisan Ilmiah dalam Bahasa Indonesia.
Telah ada banyak buku tentang panduan penulisan ilmiah diterbitkan mulai sejak dulu, tetapi buku ini adalah yang terbaru, terlengkap dan terpopuler. Pembahasan dalam buku ini sangat rigid, meluas dan mendalam tentang penggunan bahasa Indonesia yang baku, baik dan benar; penggunaan kalimat yang efektif, penempatan titik,koma, tanda kurung, kata hubung; penalaran dan logika bahasa, syarat-syarat dan pembuatan paragraf; serta teknik penulisan ilmiah dalam berbagai gendre yang benar dan tepat mulai dari pembuatan judul, jenis kutipan, cara mengutip, kutipan tidak langsng dan kutipan pada catatan kaki sampai pada penyajian bab-per-bab. Kelebihan buku ini adalah mengikuti perkembangan gramatika dan tata bahasa Indonesia yang diperbaharui beberapa tahun yang lalu. Selain itu, buku ini juga menyajikan contoh-contoh yang benar dan salah dari berbagai konten serta coontoh soal dan latihan. Sebagaimana dikatakan oleh penulisnya, buku ini diperuntukkan sebagai buku pedoman dan panduan bagi mahasiswa dan peneliti.
( Fakih)


Untuk pemesanan buku ini, silahkan sms ke 081802717528. Untuk pemesanan buku-buku yang lain silahkan lihat di http://jualbukusastra.blogspot.com BNI UGM 0117443522 a.n. Indrian Toni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets