Kamis, 05 Maret 2015

Hantu, Api, Butiran Abu, Kumpulan Puisi Dwi Pranoto





Judul: Hantu, Api, Butiran Abu
Penulis: Dwi Pranoto
Penerbit: Gress Publishing, Yogyakarta
Tahun Terbit: 2011
Tebal Buku: vi + 74 halaman
Harga: 25.000


Dwi Pranoto adalah penyair kelahiran Banyuangi yang pernah tinggal beberapa tahun di Bali, Cilegon, Jakarta, sebelum akhirnya pindah ke Jember. Hantu, Api, Butiran Abu merupakan sekumpulan puisinya yang ditulisnya dalam rentang waktu dari tahun 1995 sampai 2011. Sajak-sajak Dwi Pranoto dalam buku antologi puisinya ini dibagi dalam 3 bagian: Pemandangan di dalam Telur (berisi 21 sajak), Tamasya Musim Hujan & Nostalgia (berisi 27 sajak) dan Hantu, Api, Butiran Abu (berisi 14 sajak). Rata-rata sajak yang ditampilkan di dalam antologi ini adalah sajak-sajak panjang, sampai ada satu-dua sajak yang hampir menyerupai cerita mini. Hanya sebagian saja sajak-sajaknya yang pendek yang lebih berbentuk haiku.
Tema sajak-sajak Dwi Pranoto bermacam-macam, termasuk penggalan sejarah Banyuangi, kisah-kisah kota, cinta, sex dan benda-benda. Arus sejarah peradaban manusia, kehendak manusia untuk menaklukkan misteri, dan pergeseran manusia sebagai diri dan sebagai lambang juga tidak terlepas dari perhatian Dwi Pranoto. Ia meramu semua itu dengan mitos, legenda, cerita rakyat, karya sastra, filsafat, tembang dan macopat yang dibetot dari tanah Banyuangi, Rusia hingga Yunani dengan warna dasar yang muram dan penuh gejolak. Gaya ungkap sajaknya liris, tetapi di sana-sini penuh kejutan, sebab lirisme di tangan Dwi Pranoto telah berkelindan dengan terma-terma renungan filosofis yang penuh berjibun dengan konsep-konsep yang diturunkan dari akal pikiran.

(Fakih)

Untuk pemesanan buku ini, silahkan sms ke 081802717528. Untuk pemesanan buku-buku yang lain silahkan lihat di http://jualbukusastra.blogspot.com BNI UGM 0117443522 a.n. Indrian Toni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets