Minggu, 27 April 2014

Sastra Nasionalisme Pascakolonialitas kumpulan esai Katrin Bandel




Judul: Sastra Nasionalisme Pascakolonialitas
Pengarang: Katrin Bandel
Tebal: 269 halaman
Penerbit: Pustaha Hariara, Jogjakarta
Cetakan: Desember 2013
Harga: 70,000


Katrin Bandel dikenal sebagai salah satu kritikus sastra perempuan terkuat di Indonesia. Ia telah meneliti “Pengobatan dan Ilmu Gaib dalam Prosa Modern Indonesia” dalam disertasinya dan persinggungan seks dalam kesusasteraan Indonesia yang ditulis oleh pengarang perempuan dalam kumpulan esai pertamanya, Sastra Perempuan Seks (2006). Sedangkan Sastra Nasionalisme Pascakolonialitas ini merupakan buku kumpulan esai kedua Katrin. Tentu saja, buku ini merupakan sumbangan yang berharga atas kesusasteraan Indonesia kontemporer, mengingat buku ini ditulis langsung dalam bahasa Indonesia oleh perempuan berkulit putih asal Eropa. Ketekunan Katrin di sini perlu mendapat apresiasi yang besar oleh publik sastra Indonesia, karena ia yang berasal dari Jerman, dengan sikap yang rendah hati, tidak justru meneliti sastra Jerman, tetapi sastra Indonesia yang sangat jauh dengan budaya bangsa nenek moyangnya.
Posisi esai-esai Katrin dalam buku ini seperti ada dalam perbatasan antara orientalisme dan pascakolonialitas. Terkadang dia memporisiskan diri sebagai orientalis, terkadang pula dia menjelma “orang dalam” yang merasa bertanggung jawab mengurusi masalah-masalah “rumah tangga” sastra Indonesia, tetapi di kesempatan lain dia memposisikan diri sebagai kaum akademisi yang – sebagaimana laiknya sekarang – memandang karya sastra Indonesia melalui teori-teori produksi “luar”. Tetapi terlepas dari semua itu, esai-esai Katrin dalam buku ini secara tema amat beragam dan kontekstual, dan oleh karenanya, pembaca dapat menimba sebanyak mungkin ilmu dan wacana sastra Indonesia kontemporer. Tema esai Katrin dalam buku ini adalah seputar kritik sastra, politik sastra, majalah sastra, kesusasteraan Melayu Tionghoa, bahasa Indonesia, sejarah pascakolonialitas, seksualitas dalam sastra Indonesia, jurnalisme sastra, relasi Jerman-Indonesia, spiritualitas budaya, ulasan terhadap karya Pramoedya Ananta Toer, Umar Kayam, Martin Aleida, Chavchay Syaifullah, Ayu Utami, Andrea Hirata dan Deborah Baker.
 

Untuk pemesanan buku ini, silahkan sms ke 081802717528. Untuk pemesanan buku-buku yang lain silahkan lihat di http://jualbukusastra.blogspot.com BNI UGM 0117443522 a.n. Indrian Toni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets