Minggu, 27 April 2014

Antologi Cerpen Indonesia-Malaysia, Naning Pranoto, Dkk.




Judul: Antologi Cerpen Indonesia-Malaysia
Penyelenggara: Naning Pranoto & Rahimidin Zahari
Tebal: xxviii + 302 halaman
Penerbit: Yayasan Pustaka Obor Indonesia (Jakarta), Institut Terjemahan dan Buku Malaysia Berhad (Kuala Lumpur)
Cetakan: 2013
Harga: 75,000


Meskipun sedari dulu Indonesia dan Malaysia kerap dirundung konflik politik, tetapi kedua negara tersebut amat erat dan hangat membangun persahabatan dalam seni dan budaya. Karena saking erat dan hangatnya, kedua negara itu terasa lebih kompak satu sama lain ketimbang dengan negara-negara Asia Tenggara lainnya. Hal itu mungkin didorong oleh kesamaan ras dan bahasa, yakni Melayu sedemikian rupa sehingga Indonesia merasa perlu memahami budaya Malaysia dan Malaysia merasa perlu memahami budaya Indoensia. Buku Antologi Cerpen Indonesia-Malaysia ini merupakan salah satu bentuk erat dan hangatnya persahabatan itu. Ragamnya tema dan gaya penulisan yang ditulis oleh para sastrawan dengan latar belakang yang beragam pula membuat buku antologi cerpen ini terasa amat menarik dibaca. Dengan membaca cerpen-cerpen yang terhimpun di dalamnya, kita dapat melihat perbedaan dan persamaan antara kebiasaan, tradisi dan budaya masyarakat Indonesia dan masyarakat Malaysia.
Buku ini berisi 20 cerpen, ditulis oleh 10 pengarang Indonesia (Soesi Sastro, Hanna Fransisca, Free Hearty, Heri Nurdiansyah, Ilham Q. Hoehiddin, Nenden Lilis A., Naning Pranoto, Khoiriyyah Azzahro, Dorothea Rosa Herliany dan Ahmad Ijazi H) dan 10 pengarang Malaysia (Ainunl Muaiyanah Sulaiman, Faridah Abd Hamid, Mohd. Ali Salim, Ruhaini Matdarin, Mawar Safei, Nazmi Yaakub, Saharil Hasriin Sanin, Muhammad Lutfi Ishak, S.M. Zakir dan Witer Gunik), dengan Prakata ditulis oleh Kartini Nurdin (Ketua Pengurus Yayasan Pustaka Obor Indonesia), Sekapur Sirih oleh Mohd Khair Ngadiron (Pengarah Urusan/Ketua Pegawai Eksekutif Institut Terjehaman & Buku Malaysia), Tetes-Tetes Tinta Pembuka Cerita Pendek Indonesia oleh Naning Pranoto (Yayasan Pustaka Obor Indonesia) dan Menyusur Liku Cerita Pendek Malaysia oleh Rahimidin Zahari (Rumah PENA Malaysia).  (Fakih)


Untuk pemesanan buku ini, silahkan sms ke 081802717528. Untuk pemesanan buku-buku yang lain silahkan lihat di http://jualbukusastra.blogspot.com BNI UGM 0117443522 a.n. Indrian Toni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets