Minggu, 27 April 2014

Kota Hujan, Kumpulan Puisi Ulfatin Ch.





Judul: Kota Hujan, Kumpulan Puisi
Pengarang: Ulfatin Ch
Tebal: x + 54 halaman
Penerbit: Interlude, Yogjakarta
Cetakan: Juli 2013
harga: 25,000


Ulfatin Ch adalah satu dari sedikit nama perempuan penyair asal Yogyakarta yang memberikan tidak sedikit kontribusi berharga bagi sastra Indonesia kontemporer. Ia, seperti kata Taufiq Ismail, “...merupakan wakil langka dari kaum ibu kita yang menyair”. Jika orang mendengar gaung gerakan puisi sufisme tahun 90-an akhir yang didedahkan oleh komunitas penyair IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Ulfatin Ch adalah salah satu eksposisinya. Dan memang, dari sejak antologi puisi pertamanya (Selembar Daun Jati, 2006) diterbitkan sampai sekarang, sajak-sajak Ulfatin tidak pernah bisa lepas dari aroma sufisme.
Kota Hujan merupakan antologi puisi tunggal Ulfatin Ch yang kelima. Aroma sufisme masih terdengar dari sajak-sajak Ulfatin Ch dalam antologi ini, meski tidak sepekat dan sekokoh dulu. Dengan bahasa yang lembut, manis dan keibu-ibuan, sufisme di tangan Ulfatin Ch menjelmakan wajah baru – wajah yang tidak keras sebagaimana sajak-sajak para penyair laki-laki Persia, tetapi wajah yang adem sebagaimana aura ibu Jawa. Sajak-sajaknya dalam buku ini nampak seperti suara seorang ibu yang berbicara atau berkisah tentang hujan, angin, kemarau, cinta, bulan, laut, embun, daun dan tentang apa saja kepada anaknya. Kadang nampak seperti suara seseorang yang sudah diambang kematian yang berbicara tentang kenangan, cinta, rindu atau tentang sejarah dan penyesalan. Namun demikian, kelemah-lembutan dan kegetiran sajak-sajak Ulfatin Ch dalam buku ini dibungkus oleh satu visi: kebijaksanaan hidup. (fakih)
 

Untuk pemesanan buku ini, silahkan sms ke 081802717528. Untuk pemesanan buku-buku yang lain silahkan lihat di http://jualbukusastra.blogspot.com BNI UGM 0117443522 a.n. Indrian Toni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets