Rabu, 18 September 2013

Kupu-kupu Fort De Kock, Tarikh Luka Pendekar Selendang Putih (Fiksi Silat - Maya Lestari Gf)


Judul: Kupu-kupu Fort De Kock, Tarikh Luka Pendekar Selendang Putih (Fiksi Silat)
Penulis: Maya Lestari Gf
Penerbit: Koekoesan, Jakarta
Tahun: Agustus, 2013
Tebal:  415 hlm
Ukuran: 130 x 190 mm

ISBN: 978-602-17419-1-7

Harga: Rp. 65.000

Fort de Kock, yang menjadi bagian dari judul novel Maya Lestari Gf ini, tampaknya diambil dari nama sebuah benteng peninggalan Belanda yang terletak di kompleks Taman Bundo Kanduang, di atas bukit Jirek, Bukittinggi, Sumatera Barat. Namun ketika melahap Kupu-Kupu Fort de Kock ini, pembaca mungkin tidak akan menjumpainya sebagai novel yang bertutur tentang tempat bersejarah tersebut. Malah kisah dalam novel ini akan menggiring pembaca pada ketegangan, yakni pertarungan.

Berlatar belakang Sumatera Barat, khususnya Bukittingi, novel Kupu-Kupu Fort de Kock bercerita tentang hiruk pikuk persoalan masyarakat di sana dalam konteks modern, terutama tentang penyakit masyarakat yang hampir tak ada habisnya; narkoba dan perilaku kriminal lainnya. Singo Balang yang digambarkan sebagai sosok antagonis dalam novel ini adalah dedengkotnya sindikat narkoba dan pembunuh bayaran yang memiliki ilmu hitam. Dia banyak merekrut anak buah untuk menjalankan “bisnis”nya.
Kejahatan Singo Balang yang sudah tidak dapat didiamkan itu tak pelak mengundang reaksi dari lima guru silat di tanah Minang. Para pendekar silat tersebut—dengan dibantu murid-muridnya di bawah pimpinan Limpapeh Gunung Singgalang—pada akhirnya memang berhasil membunuh Singo Balang. Tetapi persoalan menjadi lain ketika diketahui bahwa Singo Balang memiliki seorang anak yang kemudian berusaha untuk membalas dendam atas kematian bapaknya.

Secara umum, rangkaian cerita yang ditulis Maya Lestari Gf di sini memang bukan melulu cerita persilatan, tapi ada juga intrik, pengkhianatan, bahkan percintaan. Di sisi lain, novel ini memang rumit dan menghendaki keutuhan ketika membacanya.

Untuk pemesanan buku ini, silahkan sms ke 081802717528. Untuk pemesanan buku-buku yang lain silahkan lihat di JUAL BUKU SASTRA  - Pembayaran: BNI UGM 0117443522 a.n. Indrian Toni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets