Sabtu, 06 April 2013

Setiap Rindu Mungkin Diciptakan Tuhan dari Seekor Ulat Bulu yang Bermertamorfosa Jadi Kamu (Buku Puisi Neni Muhidin)


Judul: Setiap Rindu Mungkin Diciptakan Tuhan dari Seekor Ulat Bulu yang Bermertamorfosa Jadi Kamu
Penulis: Neni Muhidin
Penerbit: NEMUpublishing, Palu, Sulteng
Tahun: Oktober, 2012
Isi:  32 hlm

ISBN: 978-602-18976-0-7

Harga: 25.000

Membaca buku puisi Setiap Rindu Mungkin Diciptakan Tuhan dari Seekor Ulat Bulu yang Bermetamorfosa Jadi Kamu yang ditulis oleh Neni Muhidin, rasanya seperti sedang hadir dalam sebuah pameran seni rupa instalasi. Dalam buku ini, bukan hanya puisi dalam larik-larik kalimat yang disuguhkan, tetapi beberapa ilustrasi serta tipografi yang memang jarang ditemui pada umumnya buku kumpulan puisi, tampaknya akan menarik perhatian pembacanya.
Sebagian besar puisi dalam buku ini ditulis tanpa diberi judul. Barangkali, penulisan puisi semacam ini memang “aneh.” Namun, masih banyak ruang untuk menafsirkan “apa maunya penyair?” Puisi-puisi yang ditulis tanpa diberi judul akan membebaskan penyair sekaligus puisi itu sendiri, sehingga larik-larik kata itu akan tampak semakin liar.
Jika konteksnya adalah kumpulan puisi pribadi, puisi-puisi Neni Muhidin memiliki peluang untuk dikatakan sebagai manifestasi kebebasan penyair, baik dalam teknik penulisan, penyajian, atau mungkin juga sekadar ingin bermain-main dengan bentuk. Sayangnya, teknik penyajian puisi seperti ini membutuhkan lebih banyak energi. Tak jarang penyair akan kedodoran di inti puisi itu sendiri, yakni bahasa dan teknik penulisannya, sebab barangkali ia terlanjur keasyikan bermain ilustrasi dan tipografi.

Entah disengaja atau tidak, Neni Muhidin menulis seperti ini:

kubalas
“tauk, rest in peace”

Di bawahnya, ia menulis:

saat meneguk secangkir the yang harus selalu
diketik ulang

Di halaman yang lain, ia menulis:

aku jadi strawberry
let’s change the world with soap

Bukankah kesetiaan pada kaidah-kaidah penulisan tetap harus dipertahankan?


Untuk pemesanan buku ini, silahkan sms ke 081802717528. Untuk pemesanan buku-buku yang lain silahkan lihat di JUAL BUKU SASTRA  - Pembayaran: BNI UGM 0117443522 a.n. Indrian Toni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets