Senin, 08 April 2013

Pulang (Kumpulan Cerpen Happy Salma)


Judul: Pulang
Penulis: Happy Salma
Penerbit: Penerbit Koekoesan, Jakarta
Tahun: 2006
Isi:  120 hlm
ISBN: 979-9545-2-5

Harga: 26.000

Happy Salma adalah seorang selebritis yang dikepung cahaya. Namun, ia menulis dalam kesunyian. Baginya, yang terpenting bukan naiknya grafik penjualan, melainkan grafik aktualisasi dirinya. Tujuannya sungguh lantang, Happy ingin mengekalkan dirinya lewat cerpen-cerpen yang ditulisnya. Selebritisasi tidak berusia lama, namun karya yang bermutu akan melampauinya.

Cerpen-cerpen Happy Salma berbicara tentang pulang. Pulang adalah kerinduan yang tak letih terhadap yang pernah. Hampir semua cerpen Happy Salma berbicara tentang yang pernah sebagai keakraban yang mulai menjauh dari diri sang tokoh. Simak cerpennya yang berjudul Pulang. Di situ, sang tokoh meratapi alam di kampungnya yang rusak oleh modernisasi. Ia mengeluh, “Kemana hamparan sawah, pohon karet yang tinggi langsing berjajar rapi, dan juga pohon-pohon rindang lainnya? Semua terbabat habis, kemana mereka?” (hlm. 108).

Cerpen berjudul Perjalanan Jauh, misalnya, bercerita tentang kerinduan sang tokoh pada sosok ibu dan segala kesederhanaan yang melekat padanya. Ibu yang melewati hari-hari sulit dengan bersahaja. Ibu yang terisak karena dagangannya tertukar. Perjalanan sang tokoh bersama kekasih tercinta menjadi begitu hambar karena romantisisme itu. Di situ, masa lalu membetot kesadaran si tokoh untuk memikirkan ulang apa artinya sebuah perjalanan.


Untuk pemesanan buku ini, silahkan sms ke 081802717528. Untuk pemesanan buku-buku yang lain silahkan lihat di JUAL BUKU SASTRA  - Pembayaran: BNI UGM 0117443522 a.n. Indrian Toni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets