Jumat, 02 Maret 2012

Kelahiran Lain, Antologi Cerpen 10 Sastrawan Muda Malaysia



10 Kelahiran yang Cukup Unik
Judul               : Kelahiran lain
Pengarang       : Aedi Asri, Ainunl Muaiyanah, Daniyal Kadir, Hud Hanafee, Nadrah Mustafa, Rasydah Othman, Shafiq Halim, Tramizi Hussin, Wan Nor Aoriq, Zulwaqar Akram
Tebal               : ii + 134
Ukuran             : 11,5 x 18,5 cm
Penerbit           : jargon Book
Tahun terbit     : Desember 2011
ISBN               : -

Harga              : 50.000

Buku ini berisi 10 cerpen yang ditulis oleh cerpenis muda yang tinggal di Kuala Lumpur Malaysia. Masing-masing judul hanya diberi label kelahiran 1-10, tanpa mencantumkan siapa penulis masing-masing judul. Barangkali ini adalahs ebuah upaya memperkenalkan sastra tanpa harus tahu siapa penulisnya. Apakah nama-nama penulis berurutan dari urutan nama yang terpampang kecil di sampul dalam secara berurutan Aedi Asri, Ainunl Muaiyanah, Daniyal Kadir, Hud Hanafee, Nadrah Mustafa, Rasydah Othman, Shafiq Halim, Tramizi Hussin, Wan Nor Aoriq, Zulwaqar Akram, ataukah memang nama-nama yang diacak, kita juga tidak perlu tahu.

Cerpen-cerpen di dalam kumpulan cerpen ini berangkat dari beragam gaya yang mungkin sedang tumbuh dalam proses pelahiran karya sastra di negeri itu. Ada cerpen yang berbahasa inggris, cerpen dengan pola yang mengulang-ulang suatu tema dengan cukup eksploratif, ada cerpen yang mengkaitkan tubuh, puisi dan seksualitas, serta beberapa cerpen muncul dengan naratif dan cukup liris.

Beragam tema dalam kumpulan buku yang dikemas cukup unik dan cover yang cukup menarik ini menunjukan pada kita bahwa barangkali dalam dunia sastra di malaysia saat ini telah lahir satu generasi yang sastra baru sebagai sebuah ”Kelahiran lain” artinya, beberapa dari karya-karya itu menggunakan model baru dalam peulsian sastra di Malaysia dengan menawarkan konvensi baru, dari tradisi teks sastra Malaysia yang bisa kita baca di halaman Mastera Horison. Atau bisa pula kumpulan cerpen ini sebagai upaya pendokumentasian sastra Malaysia kini yang berhadapan dengan kondisi baru, keterpengaruhan yang besar dari sastra di luar diri mereka.

Anda pastinya punya penilaian tersendiri. Membaca buku ini kita seperti memasuki warna dan babak baru kesusasteraan Malaysia terkini yang tidak kaku, terikat, lurus, dan konvensional. Geliat ini bisa juga sebagai pengukur perkembangan sastra yang ditulis generasi muda di Indonesia balakangan ini.

Silahkan dipesan dengan menghubungi 081802717528. Buku terbatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets