Selasa, 25 Maret 2014

Pelangi Sastra: Ulasan dan Model-Model Apresiasi

 
Judul: Pelangi Satsra: Ulasan dan Model-model Apresiasi

Pengarang: Agus Sri Danardana
Tebal: viii + 277 halaman
Penerbit: Palagan Press, Pekan Baru
Cetakan: Januari 2013
Harga:  40,000


Sastra sebagai dunia dibangun oleh dua pondasi utama, yaitu karya sastra itu sendiri dan kritik terhadap karya tersebut. Keduanya harus berjalan beriringan, saling mengisi dan menguatkan. Ketimpangan terjadi jika keduanya berjalan tidak seimbang. Sekarang ini, di tengah membeludaknya karya sastra yang diterbitkan, baik dalam bentuk buku maupun di media massa, kehadiran karya kritik sastra, meskipun tidak benar-benar absen, tetapi amat merisaukan. Banyak pihak merasa gusar dan pesimistis terhadap masa depan sastra Indonesia. Buku Pelangi Sastra: Ulasan dan Model-Model Arpresiasi karya Agus Sri Danardana ini berupaya merespon fenomena ini. Buku kumpulan esai yang pernah dimuat di media massa dan dibacakan di seminar sastra ini penting dikonsumsi oleh bukan hanya sastrawan dan kritikus, tetapi juga oleh para guru serta dosen Sastra dan Bahasa Indonesia mengingat buku ini berisi ulasan terhadap karya banyak sastrawan Indonesia dari para “pemain lama” sampai “pendatang baru”: novel Danarto dan Umar Kayam; drama Iwan Simatupang, Rendra, N. Riantiarno dan M. Jusa Biran; cerpen Gerson Poyk, Olyrinson dan Marhalim Zaini,; sajak Hary B Kori’un, Agus R. Sarjono, Syaiful Irba Tanpaka, Fakhrunnas M.A. Jabbar, Goenawan Mohamad dan Sutardji Calzoum Bachri. Di samping itu, terdapat juga beberapa esai tentang musikalisasi puisi, pengajaran sastra, wacana sastra dan lain-lain.
Memang banyak buku kritik sastra yang mengulas karya para sastrawan atau melemparkan wacana sastra, tetapi tidak jarang membuat pembaca kecewa karena isinya yang tidak meluas dan mendalam. Buku ini beda. Sebagai peneliti dan penyuluh bahasa dan sastra di Pusat Bahasa yang sudah menulis lebih dari 20 buku kritik sastra, tilikan serta analisis Agus Sri Danardana ini tidak diragukan lagi. Disamping keluasan dan kedalaman analisis, bahasa yang digunakan Agus juga tidak kaku sebagaimana tulisan kritik di jurnal-jurnal. Agus menulis dengan gaya bahasa yang ketat, tetapi segar.
Judul

Untuk pemesanan buku ini, silahkan sms ke 081802717528. Untuk pemesanan buku-buku yang lain silahkan lihat di http://jualbukusastra.blogspot.com BNI UGM 0117443522 a.n. Indrian Toni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets