Selasa, 05 Maret 2013

Telimpuh (Antologi Puisi Hasan Aspahani)



Judul: Telimpuh
Penulis: Hasan Aspahani
Penerbit: Penerbit Koekoesan, Jakarta
Tahun: 2009
Isi:  120 hlm
ISBN: 978-979-1442-28-2

Harga: 27.000

Membaca puisi-puisi dalam Telimpuh—kumpulan puisi kedua Hasan Aspahani—ibarat menyimak percakapan yang digambar dengan berbagai teknik dan dipulas dengan warna-warna yang melimpah. Sajak-sajak dalam antologi ini seolah mewujud menjadi semacam “kisah-percakapan” dan “percakapan-kisah” yang melibatkan sejumlah manusia dengan ketegangan tertentu.

Telimpuh adalah sebuah “kitab percakapan” yang kaya. Kumpulan puisi Hasan Aspahani ini terdiri dari empat bab: Kitab Komik, Kamus Empat Kata, Malaikat Penjaga Gawang, dan Tetapi, Aku Penyair!. Sejumlah sajak yang ada dalam tiap bagian memiliki satu nafas dominan yang sama.

Pada Kitab Komik, semua sajak Hasan Aspahani berkait dengan komik; pada Malaikat Penjaga Gawang, sajak-sajaknya berkait dengan sepakbola. Dalam Kamus Empat Kata, Hasan Aspahani membuat eksperimen unik: pada masing-masing sajak, ia memilih empat kata dengan huruf yang sama, kemudian menuliskan beberapa larik kalimat sebagai “penjelas” kata-kata tersebut. Sementara dalam Tetapi, Aku Penyair!, penyair menampilkan sajak yang secara jelas memiliki intertekstualitas dengan sejumlah teks, orang, atau kejadian tertentu.

Kumpulan puisi Telimpuh ini adalah buku kedua Hasan Aspahani setelah Orgasmaya (2008).


Untuk pemesanan buku ini, silahkan sms ke 081802717528. Untuk pemesanan buku-buku yang lain silahkan lihat di JUAL BUKU SASTRA  - Pembayaran: BNI UGM 0117443522 a.n. Indrian Toni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets