Senin, 04 Maret 2013

Peri Kecil di Sungai Nipah (Novel Dyah Merta)



Judul: Peri Kecil di Sungai Nipah
Penulis: Dyah Merta
Penerbit: Penerbit Koekoesan, Jakarta
Tahun: September, 2007
Isi:  v+293 hlm
ISBN: 978-979-1442-07-7

Harga: 28.000

Peri Kecil di Sungai Nipah adalah novel pertama Dyah Merta, seorang penulis cerpen, novel, dan cerita anak yang bermukim di Yogyakarta. Novel setebal lebih dari 200 halaman ini berkisah tentang kehidupan orang-orang desa dengan segala pernik-perniknya; tentang hubungan dalam keluarga, cinta, pengkhianatan, balas dendam, dan sederet persoalan yang sangat mungkin terjadi dalam kehidupan manusia mana pun. Kisah-kisah yang ditulis Dyah Merta dalam Peri Kecil di Sungai Nipah ini kadang terasa kalem, kadang bergejolak, bahkan kadang mirip membaca cerita fantasi.

Yang sebenarnya terjadi, di sana, jauh di dalam kegelisahan Karyo Petir, ada sebuah upaya besar yang tengah dilakukannya untuk menghindar lebih jauh dari penderitaan yang tengah ia rasakan, yang tak ingin ditimpakan pada orang-orang yang dicintainya. (hlm. 23)

Suasana nglangut, mistis, dan motif balas dendam anak haram mengingatkan kita pada karya Isabelle Allende, The House of Spirits yang filmnya beredar di Indonesia. Alurnya yang berputar seperti spiral, detilnya yang bagai mozaik mengingatkan kita pada karya Arundhati Roy, The God of Small Things. Dengan adegan-adegan filmis, suasana yang mencekam, dan struktur yang tertata, novel ini membawa angin segar pada kesusasteraan Indonesia. Jika mampu mengembangkan warna lokal yang kuat dan penguasaan tata bahasa yang lebih rapi, novel ini akan meletakkan sastra Indonesia di blantika sastra dunia.
(Prof. Dr. Melani Budianta, Guru Besar Ilmu Susastra, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Indonesia)


Untuk pemesanan buku ini, silahkan sms ke 081802717528. Untuk pemesanan buku-buku yang lain silahkan lihat di JUAL BUKU SASTRA  - Pembayaran: BNI UGM 0117443522 a.n. Indrian Toni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets