Selasa, 24 April 2012

Ular Kuning, Sajak-sajak Pilihan Dahta Gautama



Ular Kuning, Sajak-sajak Pilihan Dahta Gautama
 Pengarang       : Dahta Gautama
Tebal               : xii + 91 hlm
Ukuran             : 14 x 20 cm
Penerbit           : Pijar Media
Tahun terbit     : Juli 2011
ISBN               : 987-979-15833-6-6

Harga              : 20.000


Puisi-puisi Dahta gautama yang terkumpul dalam antologi berjudul Ular Kuning ini merupakan jejak rekam kepenyairan yang ditulis dalam rentang 10 tahun. Bagi Dahta Gautama, Ular Kuning merupakan replika hidup yang biasa saja, yang barangkali baru menggigit ketika terdesak. Ular Kuning yang tak akan membunuh dalam satu kali pagutan, begitu katanya. Analogi ini berkaitan erat dengan proses hidupnya yang digambarkan demikian ’terpencil’ dan asing.

Sebagai penyendiri yang memandang dunia dari sudut lain, sajak-sajak Dahta Gautama juga tampak akrab dengan keterasingan, kesendirian dan kesakitan manusia. Hidup yang terabaikan, manusia kelas bawah yang ada tetapi tak pernah dianggap kesulitannya. Kematian, kehidupan yang sumbing, pengharapan berbaur dalam puisi-puisinya yang dingin, pedih namun tajam. Gigitan yang memang tak membunuh, tetapi bisanya membuat pembaca diteror sepanjang waktu.

Dalam kumpulan puisi Ular Kuning ini Dahta tak sekedar menulis kepingan biografi dirinya, melainkan ia mencatat kehidupan keseluruhan kita. Manusia yang menjadi robot dalam aturan waktu dan sistem kerja, para impian, kenangan, perkawinan, televisi, kampung halaman, dan segudang peristiwa dan laku pemikiran kemanusaan menjadi bagian penting dalam sajak-sajak ini. Dahta Gautama adalah seorang perenung, menggugat dalam diam, melawan dengan cara yang unik, berjalan dengan menyeret beban dan ingatan.

Pesan buku Ular Kuning karya Dahta Gautama ini sekarang dengan menghubungi 081802717528.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets