Sabtu, 02 Mei 2015

Misa Arwah, Kumpulan Puisi Dea Anugrah



Judul: Misa Arwah & Puisi-Puisi Lainnya
Penulis: Dea Anugrah
Penerbit: Indie Book Corner, Yogyakarta
Tahun Terbit: Februari 2015
Tebal Buku: 63 halaman
Harga: 37.500

Dea Anugrah adalah penyair muda Yogyakarta kelahiran Pangkal Pinang (tahun 1991) yang kini hijrah dan tinggal di Jakarta. Buku Misa Arwah & Puisi-Puisi Lainnya adalah buku antologi puisinya yang kedua setelah Penyair (Itu) Bodoh (Desember, 2009). Di dalam buku ini terhimpun 27 sajak yang ditulis oleh Dea selama rentang waktu 2010-2014. Secara umum, sajak-sajak Dea dalam buku antologinya ini –sebagaimana sajak-sajak Goenawan Mohamad– tidak cukup gampang ditangkap pesannya, tetapi ghirah larik-per-larik yang dibangun dapat langsung menggedor dalam sekali baca. Dalam arti lain, kekuatan sajak-sajak Dea terletak pada impresi. Dia lebih membuka kesan daripada ruang diskursif, meskipun wacana-wacana seperti kematian dan kebenaran kadang kala diajukan.
Tema-tema seperti kematian dan kebenaran adalah tema purba yang hingga kini –atau mungkin selamanya– tidak pernah habis diperbincangkan oleh manusia. Dea pun berupaya mengangkatnya, tentu saja, dengan penekanan berbeda. Dalam hubungannya dengan kematian, Dea berbicara juga tentang keilahian, kesementaraan dan rasa asing. Seolah-olah Dea ingin mengatakan bahwa siapa pun yang tenggelam ke dalam telaga tema-tema purba itu pada akhirnya akan mencapai titik klimaks yang murung. Tidak heran bila “suara” sajak-sajak Dea dalam buku Misa Arwah ini adalah suara seorang yang cemas. Namun bukan berarti Dea hendak berbagi kemurungan dan rasa cemas. Kemurungan dan rasa cemas dalam sajak-sajaknya –Anda bisa membuktikan nanti setelah membacanya– adalah sesuatu yang dapat membikin pembaca berfikir secara tidak biasa terhadap realitas dan hakikat hidup manusia. (Fakih) 


Untuk pemesanan buku ini, silahkan sms ke 081802717528. Untuk pemesanan buku-buku yang lain silahkan lihat di http://jualbukusastra.blogspot.com BNI UGM 0117443522 a.n. Indrian Toni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets