Sabtu, 02 Mei 2015

Ketika Tuhan Melukis Hati Manusia, Puisi Mustofa W. Hasyim



Judul: Ketika Tuhan Melukis Hati Manusia, Puisi
Penulis: Mustofa W. Hasyim
Penerbit: Madah, Yogyakarta
Tahun Terbit: Oktober 2012
Tebal Buku: x + 46 halaman
Harga: 28.000

Tak terhitung penyair yang dianugerahi kemampuan untuk menziarahi Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah, lalu memotret momen-momen spiritualitasnya di dua tempat suci itu dalam larik-larik sajak. Tetapi nampaknya hingga kini belum ada satu antologi puisi yang secara full berisi sajak-sajak mengenai momen-momen penting di dua tempat suci tersebut. Buku antologi puisi ini, yang ditulis oleh seorang sastrawan Yogyakarta kawakan, Mustofa W. Hasyim, mengisi kekosongan tersebut. Semua sajak yang dihimpun buku antologi ini adalah sajak-sajak Tanah Suci yang ditulis Pak Mus selama perjalannya dalam ibadah Umroh. Buku ini memuat 19 sajak dan semuanya ditulis di Madinah atau di Mekkah pada tahun 2012.
Seperti yang ditulis oleh Pak Mus dalam Kata Pengantar, pengalaman di Mekkah dan Madinah adalah pengalaman spiritual yang sangat syakral. Pak Mus mengaku aura, jiwa dan ruh dua tempat suci tersebut mampu memompa spiritualitas seseorang, tak terkecuali Pak Mus sendiri, hingga ia mengalami lompatan spiritualitas yang luar biasa. Signifikansi spiritualitas semacam itu, dalam posisi Pak Mus sebagai penyair, tak mungkin tidak merupakan momen puitik yang subur. Jadi, jika dapat dikatakan, antologi puisi ini menandai fase penting spiritualitas Pak Mus di satu sisi dan upaya “berbagi” ghirah spiritualitas Tanah Suci dengan pembaca di sisi lain. Puisi-puisi Tanah Suci Pak Mus sangat sederhana, tetapi menyentuh. Di larik akhir sajak Membakar Keangkuhan, Pak Mus menulis: “... Maafkan aku, Ya Nabi, dari seberang lautan/ Aku dan teman-temanku naik pesawat sembilan jam/ Sampai di masjidmu hanya mampu menyampaikan salam/ cinta yang sering terkoyak cuaca dunia.”. (Fakih)


Untuk pemesanan buku ini, silahkan sms ke 081802717528. Untuk pemesanan buku-buku yang lain silahkan lihat di http://jualbukusastra.blogspot.com BNI UGM 0117443522 a.n. Indrian Toni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets