Sabtu, 02 Mei 2015

Gula Kawung, Pohon Avokad dan Cerita Pendek Lainnya dari ABdullah Alawi dan A. Zakky Zulhazmi




Judul: Gula Kawung, Pohon Avokad dan Cerita Pendek Lainnya
Penulis: Abdullah Alawi & A. Zakky Zulhazmi
Penerbit: Surah Sastra bekerja sama dengan Intijati, Jakarta Selatan
Tahun Terbit: Desember 2014
Tebal Buku: 110 halaman
Harga: 35.000

Abdullah Alawi adalah sastrawan kelahiran Sukabumi (10 Maret 1983) yang kini dipercaya sebagai Pemimpin Redaksi Majalah Surah, sedangkan A. Zakky Zulhazmi merupakan sastrawan kelahiran Ponorogo (20 Maret 1990) yang kini menjabat sebagai Redaktur Pelaksana Majalah Surah. Gula Kawung, Pohon Avokad dan Cerita Pendek Lainnya adalah kumpulan cerpen kolaborasi dua sastrawan ini. Dalam endorsement, Dewi Kharisma Michellia mengatakan bahwa ide-ide Alawi segar dan cepen-cepennya mirip seperti oase karena ia mengeksplorasi cara bertutur yang jenaka, sedangkan Zakky menyodorkan nostalgia yang akan membuat pembaca merasa seperti harus “pulang ke masa lampau”. Sedangkan di Kata Pengantar, Dedik Priyanto menulis bahwa kedua penulis ini memiliki bakar bercerita yang baik. Cerita-cerita mereka asyik dan renyah. Gaya tuturnya lancar dan sederhana. Dan dalam banyak hal, mereka berdua seperti kawan lama yang datang, lalu tak henti-hentinya bercerita tentang hidupnya, masalah-masalahnya, kampung dan orang-orang di sekitarnya kepada kita.
Ada 5 cerpen Alawi dalam buku ini. Ia bercerita banyak hal yang satir dan mistis. Misalnya, Alawi bercerita tentang sepasang suami istri yang karena tak tahan terhadap himpitan hidup sampai mereka memilih mengakhiri hidup anak-anaknya (Listrik Mati Lagi). Adapun Zakky, yang juga menghimpun 5 cerpennya dalam buku ini, lebih senang bercerita tentang kamppung, kepulangan, kenangan masa kecil dan paradoks-paradoksnya. Misalnya di dalam cerpen Masjid Abah, Zakky bercerita tentang masjid yang dibeli karena akan dibangun real estate. Dilihat dari cerpen-cerpennya, kadang mereka berdua tampak seperti dua orang yang “lain”. Tetapi satu hal yang “menyatukan” mereka berdua, adalah bahwa Alawi dan Zakky mengangkat cerita pinggiran tanpa tendensi muluk-muluk dengan narator yang bertutur secara ringan dan sederhana. (Fakih)


Untuk pemesanan buku ini, silahkan sms ke 081802717528. Untuk pemesanan buku-buku yang lain silahkan lihat di http://jualbukusastra.blogspot.com BNI UGM 0117443522 a.n. Indrian Toni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets