Rabu, 24 Juli 2013

Siluet Dalam Sketsa (Kumpulan Cerpen GIMS)


Judul: Siluet Dalam Sketsa
Penulis: Annastasia, Angelina Enny, Arnellis, Clarasia Kiky, Dimas Hary, Fitria Sari, Indah Ariani, Keke Kezia, Nina Samidi, Suksma Ratri, Theresia Suganda, Yola M. Caecenary.
Pengantar: Ayu Utami
Penerbit: PBP Publishing, Jakarta
Tahun: 2013
Isi:  192 hlm

ISBN: 978-979-15460-5-8

Harga: 30.000


Dua puluh tiga cerita pendek terkumpul dalam buku Siluet Dalam Sketsa. Menariknya, para penulis cerpen dalam kumpulan cerpen ini banyak memunculkan nama-nama penulis perempuan dan hanya ada satu penulis laki-laki, yakni Dimas Hary. Cerpen-cerpen ini ditulis oleh mereka yang pernah bergabung dalam Gerakan Indonesia Membaca Sastra (GIMS)
Dari sisi teknik penulisan, sebagaimana disebut oleh Ayu Utami dalam pengantarnya, cerpen-cerpen dalam buku ini ada yang ditulis dengan teknik realis, dalam arti menceritakan hal-hal yang bisa dan biasa terjadi di dunia ini (Ayah Untuk Dita—Yola M. Caecenary—dan pada umumnya). Di bagian lain, ada cerpen yang ditulis dengan gaya fantastis (Sang Penangkap Mimpi—Keke Kezia) atau puitis (Kembang Kitiran—Nina Samidi). Ada yang menggarap dari kesadaran dan batin tokohnya (Marjorie—Annastasia). Ada yang menceritakannya dari luar melalui adegan dan dialog filmis (Kloset—Fitria Sari). Ada yang memberi akhir dramatis, misal dalam cerpen: Yang Tersembunyi (Suksma Ratri), Dengan Mengingatmu Aku Mencintaimu (Angelina Enny), Kejutan Untuk Anindya (Clarasia Kiky). Ada juga yang mengambang, misal: (Wo)manizer, Untuk Perempuan Yang Sedang Bahagia (Theresia Suganda).

Walaupun ditulis dengan teknik yang beragam, seluruh cerpen dalam Siluet Dalam Sketsa ini tetap memiliki tema dominan. Cinta ataupun hubungan lelaki-perempuan tampaknya mewarnai cerpen-cerpen di sini. Keberadaan pria penakluk, pria dominan, maupun pria yang tak bisa dipegang tampak tetap membayangi.

Untuk pemesanan buku ini, silahkan sms ke 081802717528. Untuk pemesanan buku-buku yang lain silahkan lihat di JUAL BUKU SASTRA  - Pembayaran: BNI UGM 0117443522 a.n. Indrian Toni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets