Kamis, 07 Juni 2012

Pledoi Pedagang buku


Kawan-kawan pencinta buku yang baik, kami tahu, sebuah kepercayaan tentu sangat mahal harganya. Dalam beberapa bulan terakhir kami mengalami beberapa perubahan yang cukup berarti. Blog yang diniatkan hanya sekedar sharing inf buku terbaru, membantu mempromosikan buku di blog Pustaka Pelabuhan, pada akhirnya membuat kami memiliki ruang terpisah untuk menampung beberapa buku titipan dari kawan-kawan dekat.


Di ruang ini pun sebenarnya kami hanya sekedar meriveuw buku terbaru, meski pun kami punya sedikit stok buku tersebut. Satu-dua buku ada yang membeli, dengan itu pula kami terbantukan. Apa daya, antusias yang cukup besar dari pemburu dan penikmat buku sastra memaksa kami turun ke pasar buku, mencari2 stok buku sastra yang barangkali diminati. Demikianlah, stok tak banyak, karena memang sudah 'keberuntungan' belaka kami menemukan buku tertentu. Maka, kami berharap para pelanggan yth, kami sedanhg berbenah, stok untuk buku tertentu memang terbatas sehingga kami dengan agak berat hati membalas pesanan sms di 081802717528 mengatakan stok sedang kosong dan semacamnya.

Hal lainnya adalah, kami diberikan kepercayaan oleh beberapa penerbit, terutama penerbit buku sastra yang ada di Yogya untuk menawarkan buku-buku mereka. Kami juga memburu penerbit yang sudah mati dan beralih manajemen. Cukup membantu, mesti tak memuaskan pelanggan sekalian.

Karena awalnya kerja main-main, kami juga berhutang banyak pada Akar, Framepublishing yang pertama-tama mempercayakan penjualan kepada kami. Kepada bang Nurel Navissyarqi dari Pustaka Pujangga yang merelakan stok bukunya secara hibah, bageitu juga dengan bang Dahta Gautama, Bang M. Nahdiansyah Abdi yang dengan ikhlas 'menghibahkan' buku-buku mereka, mengirimkan jauh-jauh dari Sumatera dan kalimantan. Bang Arman AZ juga telah memberikan kontribusi dan memberikan warna pada pilihan buku-buku kami, begitu juga bung Ready Susanto dari Kiblat yang menitipkan buku berlebih kepada kami, dan baru bulan-bulan terakhir ini kami bisa kembali memajangnya di toko online kami ini. Bulan ini akan kami berikan laporan, Kang.


Banyak nama juga sangat berkontribusi pada jualanbukusastra kami ini. Tia Setiadi, dari Interlude, Irwan Bajang dari IBC, Muhidin M Dahlan dari Iboekoe, Jagron Book Malaysia, dan puluhan nama lain yang berderet membantu kami dengan mempercayakan buku-buku terbutan mereka, buku-buku karya mereka untuk dipromokan di blog ini. Bahkan hingga saat tulisan ini kami susun, ada beberapa penerbit dan personal yang masih mau mempercayakan promo buku mereka secara online kepada kami. Kebahagiaan terbesar bagi kami  adalah diberikan kepercayaan. namun sekaligus adalah tanggung jawab yang maha besar bagi kami. Banyak orang membantu kami menyebarkan info jualan buku sastra baik lewat FB Jualan Buku Sastra maupun Group, juga twitter. Sungguh, mereka adalah orang-orang luar biasa yang memberikan kepercayaan dan membantu promo di awal-awal kami menata rak buku ini.

Yang agak membuat kami bahagia adalah respon dari penggemar sastra. Kami merasa bahagia sekaligus sedih, bahagia ketika ada pemesan, ada setoran, dan laporan untuk penerbit. Yang membikin kami sedih adalah kondisi penataan keuangan yang masih belum lurus ini membuat kami tertunda-tunda untuk memberikan laopran, kami sedang mencoba fokus pada yang ini. kesedihan kedua kami adalah ketika buku-buku yang dicari sudah kosong, kami tidak ingin pemesan kecewa, tapi apa daya, kekuatan kami, stok buku sastra yang juga terbatas membuat kami mesti menyerah. Kesedihan ketiga dan ini yang paling besar adalah, dari sekian ratus buku-buku yang kami display, tak lebih dari sepertiga yang dipesan. 2/3 lainnya nyaris tak tersentuh, nyaris tak dipesan, tak dilirik dan tak diminati. Apakah nama yang tak populer dan akrab, apakah karya mereka yang kurang bermutu? Kami rasa, soal kedua bisa dipertanyakan dengan mencoba membaca karya-karya mereka, tapi alangkah menyedihkan, jika ternyata, nama penulis mempengaruhi penjualan buku-buku kami.

Niat utama kami adalah memberikan ruang pada buku-buku alternatigf dan sampai hari ini masih tetap kami pertahankan. Buku-buku sastra tak selalu tersedia di toko buku, sebagain buku yang diterbitkan di suatu daerah tak tersebar di daerah lain. kami ingin mewadahi ini, dari dulu kini dan seterusnya. Ketakutan kami adalah soal pengalaman itu. Kami malu, ketika ada kawan yang menitipkan buku bertanya, "bagaimana penjualannya?"

Sepenuhnya ini kesalahan kami, belum kuat dipromosi dan memperkenalkan karya sekaligus penulis yang dimaksud. Ini adalah poin kedua yang ingin kami tata setelah manajemen dan keuangan. Masukan, saran dan kritik kami butuhkan.

Salam buku sastra

 
Pemesanan: Hubungi 081802717528



Transfer

No rekening 0117443522

BNI Cabang UGM

Atas Nama Indrian Toni



Alamat:

Jalan Bimo Kurdo No 8 Sapen-Yogyakarta




jualanbukusastra@gmail.com

facebook dan group: Jualan Buku Sastra

Twitter: @jualanbkusastra



Jualan Buku Sastra

Anda pesan, kami kirim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets