Jumat, 07 Oktober 2011

Surat-surat Irya kepada Uma, Uma kepada Irya Novel Genthong Hari SeloAli

Surat-surat Irya kepada Uma, Uma kepada Irya
Pengarang       : Genthong Hari SeloAli
Tebal               : 338 hlm
Ukuran                : 14 x 20 cm
Penerbit           : Pondok Lebah
Tahun terbit     : 2011
ISBN               : 978-602-99049-0-1

Harga              : 45.000


Surat-surat Irya kepada Uma, Uma kepada Irya karya Genthong Hari SeloAli ini merupakan sebuah novel yang unik, berisi surat-surat antara kedua tokoh tersebut. Sepanjang cerita, kedua tokoh saling mendokumentasikan hidup dan peristiwa mereka yang ganjil. Mereka mencatatnya dan saling berbagi. Peristiwa-peristiwa politik, sosial, ideologi berbaur, tumpang tindih dan saling meminta hadir di depan.

Kita seperti membaca dua orang saling berbagi apa yang mereka tahu, apa yang mereka dapat dan apa yang mereka bisa. Pembaca tak sekedar menjadi orang ketiga dan tukang intip, tapi bisa menjadi salah satu dari mereka. Di luar itu, pembaca bisa saja menjadi salah satu bagian dari peristiwa yang sedang diceritakannya. Penulis juga menyajikan tempat-tempat yang tak terduga ke dalam novelnya.

Pengantar dan catatan dari editor di bagian-bagian awal telah mengantarkan kita sebagai pembaca pada sebuah kebenaran fiksi. Beberapa catatan tersebut menguatkan bahwa peristiwa ini sungguh-sungguh, surat-surat itu sunguh-sungguh, Uma dan Irya itu benar-benar nyata dan ada. Editor berusaha menjelaskan sedetail-detailnya bagaimana proses perjalanan naskah yang berupa surat-surat ini pada akhirnya bisa dicetak.

Sebuiah keharusan rasanya mengapresiasi dan membaca novel Surat-surat Irya kepada Uma, Uma kepada Irya karya Genthong Hari SeloAli ini bagi kita. Pesan sekarang juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets