Senin, 14 Desember 2015

Proposal #TahunBarudiJBS




 
Proposal
TAHUN BARU DI JBS



1. Latar Belakang

Jual Buku Sastra  (JBS) adalah toko buku yang pada mulanya mempromosikan produknya berupa buku Sastra pada khususnya, dan buku Sosial Budaya pada umumnya. Namun karena permintaan banyak pelanggan kami untuk membuka toko secara offline, maka kami mencoba membuka ruang tersebut agar pelanggan lebih merasa nyaman berbelanja, dapat memilih produk secara langsung, dan menjadi tempat yang dikunjungi oleh pelanggan luar kota yang berkunjung ke Yogyakarta, pelanggan luar kota tersebut, pada umumnya adalah pembeli yang sudah biasa membeli produk Jual Buku Sastra secara online. Selain itu, ruang offline juga kerap digunakan untuk ruang diskusi. Ruang itu kamis ebut #KedaiJBS. Ada pun posisinya, selain toko buku sekaligus semacam wadah, tempat berkumpul dan bertemu pelaku maupun penikmat buku dan sastra.


Sebagaimana tagline kami, Jual Buku Sastra “Sebab Tidak Semua Buku Sastra Tersedia di Toko Buku”,  JBS menawarkan buku-buku sastra dan beberapa buku sosial budaya, yang diterbitkan secara indie dan terbatas oleh berbagai penerbit. Namun demikian tetap dilakukan semacam kurasi karya dan penulis agar buku-buku indie dan umum yang masuk juga memiliki standar kualitas tertentu.

Di #KedaiJBS juga diadakan acara-avcara diskusi buku secara berkala. Sebagai kegiatan rutin kami membikin acara pameran dan dan diskusi yang kami beri nama: Tahun Baru di JBS. #TahunBarudiJBS memasuki sesi yang ketiga. Selain bazar buku, kami juga melakukan temu penulis Dea Anugrah, Bernard Batubara, serta Irwan Bajang. Tahun kedua, selain bazar, kami juga mengadakan launching buku Agus Noor, serta baca puisi beberapa penyair muda Yogyakarta. Pada tahun ini, yang ingin kami selenggarakan adalah acara Bazar Buku Murah serta Temu Penulis.

Pada tahun pertama, kegiatan diselenggarakan mulai Rabu 30 Desember 2015 dan ditutup Sabtu, 2 Januari 2015. Selain penjualan offline, promo buku diskon dan buku murah juga akan dipromokan dan dijual secara online. Dengan demikian, pelanggan di luar Yogya juga bisa menikmati buku-buku dengan harga khusus. Bazar Buku Murah ini, merupakan ucapan terimakasih kami kepada pelanggan yang telah mempercayai kami, untuk menyediakan buku-buku yang dibutuhkan oleh pelanggan. Ucapan terimakasih kami, yaitu dengan cara berbagi keuntungan kepada pelanggan. Selain itu, kami juga ingin menjual buku-buku obral atau buku murah. Ucapan terimakasih berikutnya kepada pelanggan adalah dengan cara ketika mereka berbelanja buku, mereka tidak hanya mendapatkan buku diskon, namun juga mendapatkan pengetahun, dan pengalaman yang disampaikan oleh penulis-penulis kenamaan Indonesia.

Penyelenggaraan acara juga akan diciutkan lewat akun @jualbukusastra di twitter dan direncanakan disiarkan secara live di radiobuku.com.



2. Tujuan.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengakrabkan toko buku offline Jual Buku Sastra kepada pelanggan. Berikutnya, tentu kami bertujuan pelanggan mendapatkan buku-buku murah namun tetap menjaga kualitasnya serta penulis-penulis kenamaan Indonesia yang didatangkan pada acara tersebut mendapat apresiasi yang besar dari pecinta buku. Harapan lainnya adalah terjadinya interaksi yang terjadi antara kami dan penikmat buku dan sastra serta antara pengunjung dengan sesama pengunjung. Sekaligus wadah bertemunya penikmat sastra dengan sastrawan.

Tujuan tersebut akan dapat terlaksana, apabila penerbitan dan media massa yang Anda naungi, bersedia mengabulkan permohonan kami untuk turut meminjamkan produk-produk buku yang penerbitan Anda miliki, juga turut mempublikasikan kegiatan yang kami lakukan.



3. Waktu dan Tempat Pelaksanaan.

Waktu             : 30 Desember 2015 hingga 2 Januari 2016

Jam                  : 10.00-20.000

Tempat            : #KedaiJBS

                   Jalan Wijilan, Gang Semangat no 150, Alun-alun Utara, Yogyakarta.

4. Pengisi Acara

              Selama pameran buku berlangsung, #TahunBarudiJBS juga mengadakan beberapa program yang berkaitan dengan buku. Ada beberapa buku terbaru dari penulis yang baru terbit dan disiapkan menjelang acara ini. Beberapa buku baru dan pertama kalinya dilaunching tersebut di antaranya adalah Kumcer Agus Noor, Kumpulan Esai sastra Tia Setiadi, Novel  Gita Kharisma, Kumcer Niduparas Erlang, buku puisi Yopi Setia Umbara dan Esha Tegar Putra. Selain itu ada diskusi seputar sastra bersama Joko Pinurbo dan Gunawan Maryanto, serta diskusi dengan komunitas buku dan diskusi seputar alih wahana dari buku ke film.

              #TahunBarudiJBS mencoba menampilkan pola pameran buku yang indie, di mana diskusi dan pameran ditempatkan pada porsi masing-masing. Pameran berjalan sendiri, diskusi juga berjalan di sini. Harapannya, mereka yang datang untuk melihat pameran buku bisa mendapat bonus acara dan panggung yang disediakan. Demikian pula sebaliknya. Selain itu juga ada panggung pembacaan karya para sastrawan yang dindang maupun peserta yang ingin terlibat di acara.

              Pada tahun ketiga penyelenggaan #TahunBarudiJBS ini kami mengundang beberapa penulis untuk terlibat selama acara berlangsung. Adapun nama-nama yang terlibat dalam diskusi dan pembacaan karya adalah: Agus Noor,  Chenka SP, Chris Woodrich, Didik Siswantono, Esha Tegar Putra, Gita Kharisma, Gunawan Maryanto, Joko Pinurbo, Niduparas Erlang, Nissa Rengganis, Tia Setiadi, Yopi Setia Umbara, dll. Selain itu akan ada performer, musik dan pembacaan puisi dari penyair kenamaan. Rencananya, saat pameran juga akan dipajang ilustrasi karya Chenka serta diskusi dengan komunitas buku dan puisi.

              Seluruh rangkaian acara rencananya akan disiarkan live treaming di radiobuku.com, dan pelanggan di luar Jogja tetap bisa belanja buku-buku murah dan harga diskon dengan mengecek stok di jualbukusastra.com

 

5. Agenda    
a. Pameran Buku
Pameran buku dilakukan setiap hari empat hari penuh, mulai dari jam 10 pagi hingga jam 20.00. Buku-buku reguler di diskon mulai dari 15%-25%. Sementara buku-buku murah harga dipatok mulai dari 5000.

2.   b. Panggung Buku

Panggung buku merupakan panggung yang digunakan sepanjang acara yang diniatkan sebagai upaya mendekatkan penikmat buku dan sastra dengan penulis, ajang silaturhmi dan saling kumpul. Acara berlangsung setiap hari di mulai dari jam 14.00 dan selesai setelah pukul 19.00.

Ada pun acaranya melingkupi:

-          Launching buku terbaru

-          Pembacaan karya

-          Temu penulis

-          Ngobrol bareng komunitas pecinta buku

-          Diskusi soal buku dan film

-          Pameran ilustrasi,  dll.



6. Kerjasama

    Kami berharap media yang bapak/ibu naungi bersedia membantu promosi menjelang dan saat acara berlangsung. Sebagai ucapan terima kasih, nama dan logo akan kami sertakan dalam materi promo kami.



7. Kontak

Nama                           : Jual Buku Sastra (JBS)

Website                       : jualbukusastra.com

Email                           :jualbukusastra@gmail.com

HP/WA                       : 081802717528

FB                               : Jual Buku Sastra

Tweet/IG                     :@jualbukusastra

Penanggungjawab       : Indrian Koto (081802717528)

                                      Mutia Sukma (081227073473)



8. Tim

Penyelenggaan #TahunBarudiJBS menggunakan sistem volunteer dengan komposisi seperti berikut:

Penanggung Jawab     : Indrian Koto

Koordinator Acara      : Mutia Sukma

Seksi acara/Panggung : Dea Anugrah (Koordinator)

                                      Rozi Kembara

Seksi Pameran buku    : Dwi Rahyoso (Koordinator)

                                      Saila Rezcan

                                      Elisabeth Ayudya

                                      Nita Siti

                                      Ratna

                                      Ine Istiani

                                      Yuanita

                                      Nabila

                                      Ismaturrahmi

MC dan Moderator     : Elisabeth Ayudya dan Dwi Rahyoso

Bendahara                   : Nita Siti

Sekretaris                    : Saila Rezcan

Seksi konsumsi            : Elisabeth Ayudya

Publikasi                      : Rozi Kembara

Pengadaan                   : Slamet Prihantono

Dokumentasi               : Doni Marta

Keamanan                   : Taufan Mahardika


9. Penutup

              Demikian surat kerjasama yang kami sampaikan, semoga mendapatkan respon yang positif.  Atas kesudiaannya membaca tawaran kami, kami ucapkan Terimakasih.

Salam,



Indrian Koto

0818-0271-7528

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets