Senin, 12 Januari 2015

Seperti Mencintaimu, Kumpulan Puisi Zaim Rofoqi





Judul: Seperti Mencintaimu
Penulis: Zaim Rofiqi
Penerbit: Q Publisher, Jakarta
Tahun Terbit: April 2014
Tebal Buku: xii + 111 halaman
Harga: 50.000


Zaim Rofiqi, penyair dan penerjemah dari Jakarta kelahiran Jepara, kembali dengan antologi puisi terbarunya, Seperti Mencintaimu, setelah antologi puisi pertamanya, Lagu Cinta Para Pendosa (Pustaka Alvabet, 2009). Sajak-sajak dalam buku ini dibagi dalam dua bagian. Bagian pertama bertajuk Mencintaimu, berisi 43 sajak. Bagian kedua bertajuk Seperti berisi satu sajak yang memiliki 21 tapis. Seperti sajak-sajak Zaim Rofiqi yang lain, bahasa sajak-sajak dalam antologi puisi ini dijalin dalam logika puitika yang tidak sederhana, sehingga meskipun terkesan menggunakan bahasa sederhana, rupanya butuh perhatian yang serius untuk memahami kata-per-kata dari sajaknya.
Sajak-sajak dalam buku ini rata-rata bertemakan cinta atau di sekitar cinta. Tetapi tema ini digarap dengan latar belakang sejarah dan keilmuan yang luas, sehingga “tercium” aroma yang khas. Terdapat satu-dua sajak bertemakan filsafat, eksistensi, pengalaman hidup dan lain-lain. Semua tema itu merupakan hasil perasan perenungan yang lama terpendam, karena kalau tidak, tidak akan mungkin menjelma ke dalam kalimat-kalimat yang menyumbulkan kedalaman penghayatan. Segala hal  yang disodorkan oleh Zaim Rofiqi adalah apa yang dekat dengan kita, sehingga jika “yang dekat” itu didekati dengan cara yang berbeda, akan nampak luar biasa bagi kita. Inilah cara Zaim Rofiqi dalam “memoles” sajak-sajaknya agar terhindar dari sindrom “biasa” dalam menggarap tema-tema yang “lapuk”. (Fakih)
   
Untuk pemesanan buku ini, silahkan sms ke 081802717528. Untuk pemesanan buku-buku yang lain silahkan lihat di http://jualbukusastra.blogspot.com BNI UGM 0117443522 a.n. Indrian Toni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets