Jumat, 16 Januari 2015

Sejarah Alternatif Indonesia, Malcolm Caldwell & Ernst Utrecht

 

Judul: Sejarah Alternatif Indonesia
Penulis: Malcolm Caldwell & Ernst Utrecht
Penerbit: Djaman Baroe, Yogyakarta
Tahun Terbit: 2011
Tebal Buku: 544 halaman
Harga: 40.000


Buku Sejarah Alternatif Indonesia ini oleh kedua orang penulisnya (Malcolm Caldwell & Ernst Utrecht) dianggap sebagai karya pertama yang bersifat “Indonesiasentris” terhadap sejarah Indonesia. Kedua penulisnya dikenal sebagai dua orang sarjana Asia yang terkenal dan karyanya ini dinyatakan sebagai karya yang benar-benar alternatif. Banyak informasi di dalam buku ini baru disingkapkan untuk pertama kalinya, sehingga buku ini akan digunakan sebagai “tambang baru” bagi penulisan sejarah Indonesia masa depan. Kedua penulisnya menyadari diri mereka sebagai aliran sejarawan baru yang mengakui bahwa tak berpihak secara mutlak. Dalam semangat itulah mereka menawarkan karya ini sebagai tindakan solidaritas di dalam perjuangan rakyat Indonesia.
Buku ini berisi 11 bab (Warisan; Persaingan Anglo-Belanda dan Status Kolonial; Tiga Langkah Imperialisme Semakin Mantap; Perang, Bom dan Depresi; Revolusi Internal; Konsolidasi, Pembangunan Bangsa dan Eksperimentasi; Demokrasi Terpimpin; Tentara Menjadi Kekuatan Politik Terkuat; Kudeta Oktober 1965 dan Sesudahnya; Orde Baru Tentara; Agresi di Timor Timur dan Perkembangan Dewasa Ini). Di bagian akhir, penulis membeberkan Paradigma-Paradigma untuk Sejarah Alternatif: Ketiadaan Analisis Kelas dalam Studi-Studi Sejarah Kontemporer, beserta aspek-aspek kehidupan Ernst Utrecht dan mengenang Malcolm Caldwell. William H. Frederick menyatakan karya ini ditulis dalam tafsiran Marxis terhadap Indonesia masa lalu dan kini. Max R. Lane menganggap karya ini sebagai sejarah-tandingan untuk sejarah Indonesia bikinan Orde Baru.


Untuk pemesanan buku ini, silahkan sms ke 081802717528. Untuk pemesanan buku-buku yang lain silahkan lihat di http://jualbukusastra.blogspot.com BNI UGM 0117443522 a.n. Indrian Toni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets